Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Puli CVT, Sesuaikan Karakter Dan Tipe Motornya

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Pada dasarnya, teknologi CVT (Continuously Variable Transmission) memudahkan pengendara tanpa perlu melakukan perpindahan gigi secara manual. Tetapi bagaimana sih sistem kerjanya dari komponen CVT tersebut?

Perangkat CVT untuk besutan skutik, terdapat dua puli yang dihubungkan V-belt agar tunggangan bergerak maju. Pertama yaitu drive face atau primery pulley yang biasa disebut rumah roller. Yang kedua, driven face atau secondary pulley disebut juga rumah kampas kopling otomatis. Berbedakah?

“Beda dong. Drive face itu bergerak otomatis sesuai putaran mesin. Saat rpm mesin bertambah, jarak sisi pulley drive face menyempit dan menekan V-belt ke atas. Sedangkan, driven face bertugas menekan V-belt bergerak ke bawah,” terang Sutar, kepala mekanik khusus motor matik dari bengkel Lautan Motor.

Nah, jika kita ingin menambah akselerasi, perangkat inilah salah satu faktor penunjangnya. Jadi enggak harus meneliti seputaran silinder blok dan head terus. “Peranti CVT juga turut menjadi perhatian lebih. Jika dibiarkan standar, hasilnya kurang maksimal,” bilang Harry Anggi, mekanik matic shop R59 di Ciputat, Tangerang.


Sudut permukaan puli pengaruhi kinerja belt
No caption
No credit
No caption

Banyak diutak-atik demi akselerasi

Di pasaran, puli versi racing sudah banyak yang bisa kita aplikasikan dengan sistem plug N play (PNP) seperti CLD, RRGS, Kawahara, TDR, Daytona, NCY dan Kitaco. Perbedaan part racing dari Thailand dan Taiwan ini, ada di sudut kemiringan pulley.

“Melandainya sudut primery pulley, semakin cepat putaran mesin dan meminimalis beban kerja mesin juga,” ucap Ade, pemilik bengkel Biker Zone di Jl.Pulo Asem Utara Raya Kav 12 A, Rawamangun, Jaktim.

Kelebihannya? Sudah pasti akan akselerasi bertambah. “Sebab, produk racing yang beredar memang dibuat untuk meringankan kerja perangkat CVT agar putaran mesin menjadi lebih cepat,” bilang Jauwe di bengkel Jaws Matic Special kawasan Cilandak, Jaksel.

Atau, bisa juga mengubah sudut kemiringannya dari puli standar dengan cara memapas bagian tengahnya. Seberapa besar sudut kemiringannya, tergantung dari karakter dan tipe motornya. Tujuannya bagian tengah komponen dipapas, agar naik-turunnya V-Belt lebih cepat sama seperti puli racing pada umumnya.

Kekurangannya? BBM sudah pasti lebih boros lantaran asyik memainkan grip gas atau sekadar iseng melibas musuh di jalanan. “Lebih enak lagi kalau kedua puli berikut roller-nya diganti dan volume mesin diperbesar. Maka hasil yang dicapai lebih sempurna,” ucap Ade dengan ramah.

Daftar harga Pulley Racing

RRGS plus roller
475 ribu
Daytona
375 ribu
Kitaco plus roller
275-400 ribu
 Kawahara  275 ribu
 NCY  250 ribu
CLD 250 ribu
TDR 410 ribu


Penulis/Foto: Pidav / Pidav

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa