Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

KIA Siapkan 4 Model Baru, Target Naik Dua Kalilipat Di 2010

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Estimasi hadir: Semester 2, estimasi harga: Rp 192-198 juta OTR

OTOMOTIFNET - Kia Mobil Indonesia (KMI)  tahun ini akan mengeluarkan 4 model barunya berikut refreshment 4 varian unggulan mereka. Makanya KMI menargetkan dua kali lipat penjualan dari tahun 2009 lalu.

Soul

Mobil yang diklaim berjenis crossover ini sejatinya sudah dipasarkan awal 2010. Namun lantaran izin untuk memasukkannya dalam bentuk CKD belum diberikan prinsipalnya, KMI terpaksa mengundurkan kembali.

“Tapi tetap kami usahakan dalam tahun ini juga. Paling lambat di semester kedua. Sebab kalau impornya dalam bentuk CBU, harganya tidak akan bisa kompetitif,” beber Hartanto Sukmono, marketing director PT KMI.

Masih kata Hartanto, jika Soul bisa masuk dalam kondisi terurai, dipastikan banderolnya di bawah Rp 200 juta (on the road). Masih pada planning awal, Soul yang akan dirilis versi bensin 1.600 cc 4 silinder segaris. “Namun ada juga versi diesel 1.6 L. Tak menutup kemungkinan bila peminatnya banyak, kami akan memasukkannya juga,” tukas Hartanto.

No caption
No credit
No caption

Estimasi hadir: Semester 1, estimasi harga: Rp 190 jutaan

New Pride

Tipe ini memang sudah pernah dirilis di Tanah Air. Jenisnya hatchback 5 pintu atau berkategori city car dengan mesin injeksi 1.399 cc DOHC, 16-valve, 4 silinder segaris CCVT.

Kapasitas bahan bakar mencapai 60 liter dan bisa menenggak premium. Namun mobil ini sempat menghilang lantaran harganya dianggap terlalu mahal dibanding mobil sekelas lainnya.

Tapi di 2010 ceritanya akan lain. KMI memastikan akan kembali memasarkan Pride di awal semester pertama dengan tampilan yang benar-benar baru.

“Mudah-mudahan di bulan ke-4 New Pride sudah bisa dilaunching. Rencananya kami juga akan masuk dalam bentuk CKD. Soal harga, kami belum bisa memastikannya. Tapi kemungkinan di bawah Honda Jazz,” papar Hartanto.

Oh ya, New Pride yang akan masuk ke Tanah Air tetap yang bermesin 1.400 cc. Namun di luaran ada pula versi 1.600 cc.

No caption
No credit
No caption

Estimasi hadir: Semester 2 akhir, estimasi harga: Rp 220-240 jutaan (dalam bentuk CBU) rp 170-190 jutaan (dalam bentuk ckd

Estimasi hadir: Semester 1, estimasi harga: Rp 135-140 jutaaan

Forte

Sedan 4 pintu dan merupakan salah satu top seller Kia di dunia ini didesain oleh Petter Sroyer yang juga pendesain Soul. Ada dua versi dapur pacu yang beredar di luar. Yakni 1.600 cc dan 2.000 cc bensin.

Sedan yang bentuknya cukup berkelas ini dipastikan KMI akan masuk pada semester kedua akhir. Namun lagi-lagi soal harga, Hartanto belum bisa memastikannya.

Tapi di luaran, terutama di Amerika, mobil ini dijual lebih mahal 2.000 dollar AS atau hampir Rp 20 jutaan (kurs Rupiah Rp 9.800/Dollar) dari New Rio. Yakni di kisaran 13.500 – 14.500 dollar AS (Rp 132,3 – 142,1 juta). Kompetitornya Honda Civic dan Toyota Corolla.

New Rio
Kita kenal Kia tipe ini banyak dipergunakan sebagai armada taksi. Sedan empat pintu ini mengusung dapur pacu 4 silinder segaris 1.400 cc fuel injection, DOHC, 16-valve. Nah, di 2010 KMI akan kembali pasarkan Rio anyar di semester pertama dengan tampilan yang juga baru dan lebih elegan.

“Mesinnya sama dengan New Pride. Namun ada juga versi 1.600 cc-nya. Tapi kami akan memasukkan yang 1.400 cc karena target pasarnya untuk perusahaan taksi. Namun jika konsumen umum ada yang tertarik, tak menutup kemungkinan kami akan siapkan yang versi pribadi,” ujar Hartanto yang juga belum bisa memastikan berapa harga OTR-nya nanti.

Penulis/Foto: Dic / Dok.Otomotif

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa