Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Gejala dan Cara Mengatasi Sunburn Spidometer Digital

Otomotifnet - Jumat, 16 Oktober 2015 | 11:17 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kerusakan tersebut diakibatkan dari rusaknya salah satu lapisan di dalam LCD, tepatnya filter polarizer


Jakarta - Pada OTOMOTIF edisi lalu 21:XXV dalam rubrik konsultasi, Alif Fahmi dari Sidoarjo, Jatim menanyakan masalah spidometer Honda CS1 anaknya yang mulai bermasalah,

“Indikator bensin yang berupa garis bar hilang, indikator suhu mesin hilang, indikator RPM kadang-kadang hilang sama sekali, kadang-kadang naik turun padahal gas tidak digeber, spidometer juga ngaco tidak sesuai kecepatan dan yang terakhir indikator gigi kadang ada kadang juga hilang,” tulisnya dalam email.

No caption
No credit
No caption

Nah ini disandingkan dengan filter polarizer yang masih bagus, beda kan?

Masalah tersebut ternyata jamak ditemukan pada spidometer atau barang elektronik lain yang menggunakan LCD (liquid crystal display). “Namanya sunburn atau rusak karena terpapar matahari, biasanya terjadi pada besutan yang berusia lebih dari 5 tahun, bisa lebih cepat jika sering parkir di tempat terbuka,” buka Giagie, spesialis perbaikan spidometer digital yang tinggal di Ciputat.

No caption
No credit
No caption

Setelah dibongkar tampak filter yang telah rusak, warnanya buram

“Kerusakan tersebut diakibatkan dari rusaknya salah satu lapisan di dalam LCD, tepatnya filter polarizer, makanya info yang ditampilkan bisa buram bahkan hilang,” lanjut Koh Gia, panggilan akrabnya.

Sebelum membahas lebih dalam, sedikit kita ulas bagian dari LCD. Layar ini terdiri dari beberapa bagian, paling bawah ada sumber cahaya yang biasanya pakai LED. Lapisan kedua filter polarizer horizontal, ketiga kaca TFT, keempat baru lapisan liquid crystal, kelima filter warna, keenam ada filter polarizer vertikal dan ketujuh paling atas baru cover glass.

No caption
No credit
No caption

Giagie. Filter harus import dari Tiongkok

Secara sederhana cara kerjanya sebagai berikut, ketika ada sinar dari bawah maka langsung difilter oleh polarizer pertama, hanya sinar horizontal saja yang bisa lewat. Kemudian sinar ini melewati lapisan kaca dan liquid crystal yang sudah dibentuk dan dialiri listrik, maka akan bereaksi dan membentuk huruf atau bentuk lain sesuai bentuk bagian dalam liquid crystalnya.

Terakhir akan difilter lagi oleh polarizer vertikal maka terbacalah oleh mata.  Nah jika layar LCD sering terpapar matahari, akibatnya lapisan filter polarizer ini rusak. Sehingga proses filterisasi enggak berjalan normal, efeknya LCD akan tampak buram, redup bahkan LCD bisa blank.

Oleh sebab itu, jika LCD telah rusak akibat sunburn, maka obatnya tentu saja harus ganti filter polarizer tadi. “Semua LCD kalau sudah sunburn obatnya hanya satu, ganti filternya pasti sehat lagi,” tegasnya.


Modifikasi pakai laser, warna jadi lebih meriah

Langkah itu lebih hemat kendati ada resiko kerusakan jika proses pembongkaran gagal dibanding beli baru. “Lebih hemat dibanding beli spidometer baru, misal milik Honda CS1 yang mencapai Rp 1 jutaan dan harus inden, memang sih ada resiko rusak, tapi itu jadi tanggung jawab saya,” terang pria asli Weleri, Semarang ini.

Hanya saja kendalanya di Indonesia tak ditemukan yang jual filter polarizer ini, “Makanya saya sampai harus pesan ke Tiongkok,” lanjut alumnus D3 Teknik Elektro, Undip ini.  Kerumitan berikutnya dalam proses pembongkaran, karena selain LCD-nya sendiri, banyak bagian lain yang harus dilepas.

“Paling susah sampai saat ini milik CS1, kaki di LCD-nya banyak banget dan rumit,” terang Giagie yang gape bongkar setelah merusakkan lebih dari 3 spidometer. Setelah LCD copot, melepas lapisan filternya pun tak kalah susah.

“Harus pelan-pelan agar kaca enggak rusak, kalau sampai pecah ya selesai karena enggak ada yang jual,” wantinya. Setelah filter terlepas, maka tinggal ganti yang baru dan beres. Untuk perbaikan standar, seperti di Honda CS1 atau Suzuki FXR, ongkosnya sekitar Rp 220 ribu. • (otomotifnet.com)



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa