Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

P3K Mobil-Motor Mutlak Tersedia

Otomotifnet - Selasa, 29 Desember 2015 | 17:00 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Berbagai hal yang tak diprediksi bisa saja terjadi, mulai dari ban pecah, kerusakan mekanis, kendurnya baut dan sebagainya. Menepikan kendaraan tanpa perhitungan sangat berisiko. Itulah mengapa diperlukan perlengkapan roadside emergency kit yang bisa menolong disaat kondisi darurat. Bisa dikatakan perlengkapan ini layaknya sebuah ‘P3K’ untuk mobil dan motor.

Selain dapat melengkapi secara satuan, kini telah banyak beredar roadside emergency kit yang dijual satu set. Diantaranya kabel jumper aki, senter, tire pressure gauge, segitiga pengaman, tang kombinasi, towing model strap dan sebagainya.

Di luar yang disebutkan tersebut, masih banyak lagi perlengkapan yang sejenis. “Seluruh perlengkapan ini semestinya tersedia untuk digunakan dalam segala kondisi. Minimal bisa menolong sesaat ketika terjadi masalah di jalan. Sehingga dapat membantu safety berkendara,” ungkap Sony Susmana, instruktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI). Apa saja? Berikut di absen satu-persatu.

 Manual Book

Sebetulnya bisa dikatakan sebagai ‘buku sakti’ yang menjabarkan detail mengenai seluk-beluk kendaraan. Nah, dari manual book tersebut maka anda dapat mengetahui posisi setiap komponen sehingga tidak salah dalam melakukan solusi cepat ketika terjadi masalah.

Kunci-Kunci

Kunci-Kunci

Seperti diketahui tiap mobil dan motor baru telah disertakan tool kit sebagai perlengkapan standar yang mutlak tersedia. Tetapi sayangnya masih kurang komplit dan representatif. Di sentra tools banyak dijual tool kit yang dikemas dalam wadah khusus sehingga tak mudah tercecer. Dalam satu set, dikelompokkan berdasarkan jumlah item-nya. Misalnya 18 buah, 36 buah, hingga 100 buah.

Alat Pemadam Api (APAR)

Perangkat ini nyatanya paling sering dilupakan, padahal fungsinya sangat vital tersedia di kabin mobil. “APAR harus tersedia, untuk mobil pakai ukuran 2,5 kg dan berbentuk cairan,” sebut Sony lagi.

Dongkrak

Perlengkapan dongkrak sebetulnya sudah tersedia sebagai bawaan mobil baru. Tak jarang, kondisi dongkrak sudah hilang atau rusak, sebaiknya sediakan dongkrak baru yang banyak tersedia di pasar aksesori dan tools.

Tire Repair Kit

Di toko perkakas banyak tersedia. Isinya mencakup alat tambal ban beserta bahan penambalnya. Nah, agar lebih komplit bisa ditambahkan pompa angin portable. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa