Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Daihatsu Ayla M 2015, Ubah Image Jadi Reli

Otomotifnet - Senin, 28 Maret 2016 | 13:51 WIB

Image ‘kendaraan LCGC’ sebagai kendaraan di kasta bawah ditepisnya dengan tampil ala mobil reli

Jakarta - Awalnya Daihatsu Ayla ini untuk istri, tapi saya gatal untuk mengubah tampilannya supaya jadi lebih keren. Karena saya senang reli, jadilah gaya ini saya aplikasi,” ujar Barry Perdana, sang pemilik LCGC keluaran 2015 ini. Tak pakai lama, pelek, fog lamp, body kit dan lainnya langsung disiapkan. “Intinya sih cuma tampilan, jadi enggak berat banget modifikasinya,” bisiknya. Namanya juga pereli, pelek yang dicari pun harus versi orisinal, yang memang kerap dipakai di dunia rally. “Lebih aman pakai pelek yang orisinal, safety-nya terjamin,” ujar Barry.

Setelah mencoba beberapa pelek rally, akhirnya Barry memantapkan pilihannya pada OZ Racing Neve berukuran 16x5 inci. “Saya senang banget dengan model OZ Neve ini, jenongnya keren banget dan lebarnya cuma 5 inci,” seru pria 35 tahun ini. Namun karena belum menemukan ban pacul ukuran pelek ini, jadilah akhirnya ban Achilles ATR K-Sport ukuran 165/50R16 jadi pilihan. “Sempat coba yang lebih lebar, tapi kok malah aneh jadinya. Akhirnya ukuran 165 ini yang paling pas,” tukas Barry. Giliran suspensi, per depan belakang diganti versi custom yang lebih keras, supaya lebih stabil.

Lalu oli sokbreker depan diganti supaya lebih stiff, sementara yang belakang diganti merek Kayaba. “Sekarang jadi enak nih buat nikung sama slalom, hahaha,” gelaknya. Begitu dicoba memang bantingannya jadi jauh lebih enak loh! Beres dengan pelek, untuk eksterior juga ditambahkan add-on body kit milik Ayla X Elegant. “Yang saya pasang cuma depan dan side skirt saja, belakangnya enggak, keramaian,” tuturnya. Lalu dua buah fog lamp Hella juga dipasang di bumper depan, dengan memasang dudukannya di balik bumper supaya lebih rapi. Tak lupa bonnet pin OMP dipasang di kap mesin depan dan pintu bagasi. Kepalang tanggung, interior pun diubah jadi seperti mobil reli.

“Saya cuma ganti jok Recaro LX sama setir, enggak pasang roll-bar tapi,” gelaknya. Recaronya pun dipilih yang berwarna abu-abu dengan string head rest agar terlihat keren dari luar. Setirnya dipasang lansiran Sparco tipe deep cone dengan bahan suede hitam yang biasa dipakai di mobil rally juga berikut shift knob-nya. Masih kelihatan LCGC-nya enggak? • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa