Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedah Upgrade Mesin All New Suzuki Satria F150

Dimas Pradopo - Jumat, 19 Februari 2016 | 19:33 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 

Jakarta - Selasa (16/2) lalu di Sentul International Circuit merupakan hari peluncuran generasi terbaru dari Satria, yaitu All New Suzuki Satria F150. Tak hanya tampangnya yang baru, tapi mesinnya juga benar-benar baru, kini sudah injeksi dan pakai radiator, serta banyak pula ubahan yang bertujuan memaksimalkan performa. Apa saja?

No caption
No credit
No caption
 

Piston Lebih Pendek
Dari ruang bakar diameter piston masih sama dengan generasi sebelumnya yaitu 62 mm, namun ada perubahan profil. Pertama pakai pin 15 mm, lebih kecil 1 mm dari generasi sebelumnya yang semula 16 mm. Lalu piston dibikin lebih pendek, tinggi puncak piston ke pin dari 45 jadi 39 mm. Menurut Joseph Tan, Trainer 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) agar bobot piston lebih ringan 16% dari Satria karbu.

Klep Makin Besar
Katup alias klep juga mengalami rombakan, terjadi pembekakan sebesar 2 mm, "Efisiensi volumetrik jadi lebih baik," terang Joseph. Katup in yang awalnya 22 mm menjadi 24 dan katup ex dari 19 mm sekarang jadi 21 mm. Agar saat overlap lebih aman, pembesaran dilakukan dengan merombak sudut klep, jika Satria lama sudut klep in dan ex sama 20°, maka di versi baru jadi 16° untuk in dan 17° untuk ex. Sedang batang klep sama 4,5 mm, namun ukurannya sedikit lebih panjang.

No caption
No credit
No caption
 

Kompresi Tinggi
Desain ruang bakar juga dirombak, bertujuan menaikkan rasio kompresi jadi 11,5:1 meningkat dari Satria karbu yang hanya 10,2:1.  "Jadi sebaiknya jangan pakai Premium, minimal Pertalite lah," saran Joseph.

No caption
No credit
No caption
Bedah Upgrade Mesin All New Suzuki Satria F150
 

Radiator Paling Besar di Kelasnya
Dengan rasio kompresi lebih tinggi, otomatis panas yang dihasilkan juga makin besar, tapi gak perlu khawatir jadi mudah overheat, karena Suzuki membekali dengan sistem pendingin cairan pakai radiator dengan dimensi paling besar di kelasnya, kapasitas cairan mencapai 1.260 ml.

No caption
No credit
No caption
 

Tensioner Keteng Satu Arah
Bagian rantai mesin alias keteng juga mengalami upgrade, sekarang pakai keteng dengan tipe 4:3 dari 3:2 sehingga lebih kuat. Keteng ini mirip milik Suzuki FXR150. Tensionernya juga diganti model satu arah, seperti milik Shogun sehingga lebih kuat, bukan per spiral lagi.

Sistem Kopling Outer Pull Baru
Pada generasi terbarunya ini terdapat perbedaan pada sistem kopling outer pull-nya, yaitu dengan jumlah gigi stut lebih sedikit. "Efeknya adalah feeling memainkan koplingnya menjadi lebih sporty dan sangat responsif, namun ada sisi negatif yaitu kopling menjadi berat, tapi gak perlu khawatir kita sudah mengatasinya agar tetap enteng dengan cara as stutnya dibuat tebal," lanjut ujar Joseph.

 

Masih banyak lagi perbedaan pada Suzuki Satria F150 injeksi ini, seperti di rasio dan sistem injeksi tentunya. Mau tau selengkapnya? Tunggu di artikel selanjutnya.

Penulis : Fariz, Aant

Data Spesifikasi Suzuki Satria F150 FI

Dimensi
P x L x T : 1.960 mm x 675 mm x 980 mm

Wheelbase : 1.280 mm

Tinggi jok : 765 mm

Ground Clearance : 150 mm

Berat kosong : 109 kg

Mesin

Jenis mesin : 4-tak, liquid cooled, DOHC, 4-valve

Jumlah silinder : 
1
Bore x stroke : 62 mm x 48,8 mm

Kapasitas mesin 147,3 cc

Power maksimum : 18,2 dk/ 10.000 rpm

Torsi maksimum : 13,8 Nm / 8.500 rpm

Sistem bahan bakar : Fuel Injection

Sistem penggerak : Rantai

Transmisi : 6 percepatan
Rangka

Tipe rangka : Underbone

Panel instrumen : full digital

Kapasitas tangki bahan bakar : 4 liter

Jarak tempuh : 200 km

Standar emisi : EURO 3

Shutter key, oil lever lens, ruang penyimpanan : tersedia

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa