Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Ride Bridgestone Battlax S21 dari Sirkuit Yas Marina, Kombinasi Harian dan Balap

Antonius Yuliyanto - Rabu, 6 April 2016 | 11:35 WIB
No caption
No credit
No caption

Abu Dhabi - Bertempat di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, awal Maret lalu Bridgestone meluncurkan Battlax Hypersport S21, sekaligus mempersilakan perwakilan dealer dan jurnalis yang hadir untuk melakukan pengetesan di lintasan yang biasa dipakai balap F1. Dan OTOMOTIF satu-satunya jurnalis asal Indonesia yang ikut.

Battlax S21 masuk dalam ban jenis sport dan posisinya berada di atas S20 dan BT-016 Pro. Dalam pengembangannya didesain agar memiliki 3 keunggulan dibanding 2 tipe di atas, yaitu tingkat cengkeraman lebih baik saat akselerasi maupun deselerasi ketika kering dan basah, kemampuan cornering yang lebih bagus, dan sekaligus mampu dipakai lebih lama.

No caption
No credit
No caption
 

Ban ini menggunakan desain pattern baru. Khas ban untuk berbagai kondisi, kering dan basah, guratan tak terlalu banyak namun cukup dalam. Yang menarik di sisi samping ada motif samurai namun tipis, yang tujuannya untuk meningkatkan daya cengkeraman saat cornering.

Konstruksi ban jika dibanding S20 juga berbeda. Untuk ban depan profilnya lebih meruncing, bertujuan melebarkan telapak saat lean angle sehingga grip lebih baik. Sementara ban belakang profilnya justru lebih membulat dengan kontak bagian tengah lebih lebar, sehingga traksi saat akselerasi maupun cornering lebih baik.

Dari sisi kompon, Battlax S21 sudah mengusung konstruksinya 3LC (3 layer compound) untuk depan dan 5LC (5 layer compound) untuk belakang. Yang baru pada bagian shoulder, dikembangkan secara molekuler sehingga menghasilkan kompon yang mampu memberikan grip lebih baik sebesar 30%, saat kering maupun basah. Apalagi menggunakan karet dengan teknologi Silica Rich dan Silica Rich Ex, yang punya grip baik kendati dalam kondisi suhu ban masih dingin atau trek basah.

No caption
No credit
No caption
 


Pengetesan

 

Ada lebih dari 20 motor berbagai merek dan tipe yang disediakan Bridgestone, mulai dari 600 cc seperti Honda CBR600RR, lalu moge ‘seliter’ seperti Yamaha YZF-R1M, Kawasaki ZX-10R, BMW S1000RR, Suzuki GSXR1000 sampai yang lebih besar misal Ducati Panigale 1299. Semua siap digas dari pukul 17.00 sampai 24.00 di sirkuit yang punya panjang 5,554 km ini.

Rombongan dibagi dalam 2 kelompok, A untuk yang expert main di sirkuit dan B bagi pemula. OTOMOTIF tentu saja ikut yang A, bersama perwakilan dealer dan jurnalis dari berbagai negara seperti Hongkong, Italia, Malaysia, Singapura, Cyprus dan sebagainya.

Sesi pengetesan selama 20 menit, kemudian masuk pit untuk istirahat dan bergantian dengan kelompok B, begitu sekuatnya hingga pukul 24.00. Sejak pertama masuk pakai Honda CBR1000RR, lalu ganti naik R1M, ZX-10R, GSX-R1000 dan dilanjut CBR600RR, kesan yang dirasakan memang seperti yang diterangkan Matthieu, bikin “pede” selama di lintasan!

No caption
No credit
No caption
 

Saat di lintasan lurus bejek gas sampai redline grip bagus sehingga minim spin. Lalu ketika akan masuk tikungan dan hard braking, motor sangat stabil dan mudah diarahkan masuk tikungan, ban depannya mampu menahan beban secara maksimal. Lanjut sambil rebah maksimal, bahkan bergaya elbow down ala Marc Marquez, kestabilan motor tetap terjaga.

Keluar tikungan dan buka gas traksi ban depan dan belakang juga bagus, walaupun belakang tetap ada sedikit spin dengan menyisakan garis hitam di aspal. Apalagi yang tanpa traction control seperti CBR1000RR, beberapa kali ban belakang goyang, terutama di tikungan dengan chamber positif khas lintasan F1 seperti di R14, maklum grip ban sampai habis!

Namun secara keseluruhan dari performanya, Battlax S21 ini cocok untuk yang butuh ban motor sport harian dengan daya tahan lama, namun tetap punya traksi bagus saat main di sirkuit. Mantap deh!

 

Tak berselang lama setelah peluncurannya, Bridgestone Battlax Hypersport S21 akan segera masuk Indonesia, “Mulai dipasarkan awal April ini,” terang Darius Teng, General Manager PT Jetwin International Motorindo, selaku official distributor ban motor Bridgestone di Indonesia.

Lalu berapa harganya? “Harga Battlax S21 ini hanya sekitar 7% lebih mahal dari S20, jadi kenaikannya tak terlalu banyak,” lanjut Darius. Sebagai contoh Battlax S20 ukuran 120/60ZR17 dihargai Rp 1,2 juta dan 150/60ZR17 Rp 1,7 juta, maka tinggal ditambahkan 7% saja.

Ukuran Battlax S21 Ada 10 ukuran Battlax S21 yang disiapkan Bridgestone, paling kecil untuk depan 110/70ZR17M dan belakang 150/60ZR17M, yang cocok digunakan untuk motor-motor 250 cc, seperti Kawasaki Ninja 250 atau Yamaha YZF-R25. • (otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa