Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Braket GPS di Motor, Ternyata Bisa Melawan Highway Hypnosis

Otomotifnet - Sabtu, 16 April 2016 | 20:55 WIB
No caption
No credit
No caption

Perhatikan juga sudut braketnya, jangan terlalu rendah karena membuat respons mata lebih lambat

Jakarta - Buat yang suka turing, ketergantungan pada Global Positioning System (GPS) makin tinggi. Dari GPS stand alone sampai yang gratisan dari smartphone bisa digunakan. Makin advance, beberapa aplikasi seperti Google Maps & Waze mampu menawarkan rute tercepat bahkan menghidari kemacetan.

Meski sangat fungsional, ternyata banyak yang mempertanyakan, apakah saat dipasang di sepeda motor tidak berbahaya? Ternyata, aplikasi GPS selain sebagai penunjuk arah, juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi!

“GPS membantu kita terhindar dari efek highway hypnosis, dan berfungsi sebagai pengalihan sementara atau dengan kata lain untuk distraksi mata,” buka Caraka Heru Prabowo, koordinator intrukstur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) seraya menjelaskan lebih jauh tentang highway hypnosis.

Pasang Braket GPS di Motor Melawan Highway Hypnosis

“Yaitu, salah satu efek yang terjadi saat mata terlalu lama merekam satu titik sehingga ketika jalanan berbelok mata dan pikiran akan tetap melihatnya sebagai jalan lurus. Hal ini yang sering menyebabkan kecelakaan,” lanjut Heru.

Namun tentunya, pengoperasian GPS ini juga tetap harus dilakukan dengan bijak. “Pengoperasian GPS stand alone maupun GPS via smartphone, mesti dilakukan dalam kondisi berhenti,” wantinya. Setelah navigasi diaktifkan baru boleh jalan kembali.

Bukan cuma perilaku berkendaranya, braket pemegang GPS juga harus dipasang di posisi yang benar. “Posisi GPS atau smartphone yang difungsikan sebagai perangkat navigasi ini tidak boleh terlalu rendah. Paling aman sejajar dengan mata, maksimal 45º sampai 50º,” jelas Fery Susanto, instruktur lepas safety riding di Kalimantan Timur ini.

“Jika kurang dari itu, atau lebih merunduk maka respon mata tidak bisa menangkap bahaya yang ada di depan dengan cepat,” sambungnya.

Sedang pilihannya, ada banyak dan bisa mudah ditemui di toko perlengkapan gadget. Untuk memasangnya di setang cukup gunakan kunci 10 mm. Harga yang ditawarkan juga beragam, mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 350 ribu,

“Umumnya konsumen pilih yang waterproof, biar aman jika tiba-tiba hujan,” Jelas Suwili Aris, pemilik gerai spesialis gadged Toko Plaza di STC Senayan, Jaksel. Sesuaikan dengan kocek deh. •(otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa