Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Angin Palsu Rem ABS Yamaha Asyik, Dibantu Diagnostic Tool!

Parwata - Jumat, 22 April 2016 | 06:42 WIB

Denpasar - Sistem pengereman dengan menggunakan Anti-lock Brake System (ABS) terbukti lebih aman. Namun perlu diperhatikan bagi para pengguna motor bersistem ABS terutama yang gemar modifikasi, saat mengganti minyak rem karena usia atau mau bergaya pakai selang rem racing.

Saat mengisi minyak rem kembali pastikan tidak ada udara yang terjebak di dalam selang, atau biasa disebut dengan angin palsu. Seperti disampaikan Budi Arsana, Technical Advisor DDS Yamaha Bali.

“Untuk varian Yamaha yang menggunakan ABS, kita ada fitur bantu khusus di Yamaha Diagnostic Tool (YDT) untuk memastikan apakah ada angin palsu dan apakah sistem ABS benar-benar sudah bekerja dengan aman setelah dilakukan penggantian minyak rem,” jelas Budi.

Oiya sebagai informasi tambahan, YDT berupa software yang diinstal ke dalam perangkat laptop (Gbr.1). saat melakukan pengecekan sistem injeksi.

Hal ini perlu dilakukan karena secara sistem kerja, ABS lebih rumit. Terdapat modulator untuk mengontrol tekanan fluida di sistem rem, yang tidak bisa hanya dirasakan performannya hanya dengan feeling. Yuk langsung praktek!

Setelah slang rem terpasang sempurna lalu masukan minyak rem secara manual. “Pastikan terlebih dahulu minyak rem di tangki cadangan dalam kondisi penuh (Gbr.2),” wanti pria asal Jembrana, Bali ini.

Nah ketika sudah terisi, jangan terburu-buru percaya dengan kondisi rem ABS yang ada. Kemudian, sambungkan YDT ke kabel konektor di motor. Lalu pilih menu ke ‘gaya reaksi’ untuk rem ABS (Gbr.3). Setelah itu tinggal klik pastikan fitur ini ON sembari tangan menekan tuas rem.

OTOMOTIF sempat menjajal menekan tuas rem ketika fitur ini diaktifkan, terasa tangan berdenyut karena modulator menekan fluida sebagai simulasi rem ABS difungsikan (Gbr.4). Setelah itu coba cek kembali rem, jika tuas terasa dalam ketika ditekan berarti masih ada udara terjebak dalam sistem ABS.

“Lakukan metode membuang angin palsu secara manual,” beber Budi. Bisa dengan cara vakum, suntik atau disedot. Setelah itu cek kembali dengan menggunakan fitur yang sama pada YDT hingga rem ABS benar-benar sudah berfungsi normal.

Menurut Budi pengecekan ini wajib bisa dilakukan di bengkel-bengkel resmi Yamaha, tentunya agar safety pengguna ABS benarbenar terjamin. Sip deh! • (otomotifnet.com)

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa