Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedah Modifikasi Honda Sonic 150R Kawahara, Juara di Motoprix!

Parwata - Rabu, 4 Mei 2016 | 16:50 WIB
No caption
No credit
No caption

Malang - Meskipun start dari posisi 4, Honda Sonic 150R 2016 besutan Boy Arby berhasil melesat raih podium tertinggi Kejurnas Motoprix region 2 seri di Sirkuit Kanjuruhan, Malang, Jatim. Noviansyah, mekanik Honda Kawahara FDR KYT NGK mengaku karakter mesin yang kuat di tengah ke atas dan setingan suspensi jadi kunci raih kemenangan.

“Ketika tiba–tiba hujan turun sebelum start, sama sekali tidak banyak perubahan yang dilakukan. Dari awal AFR (Air Fuel Ratio) sudah dipatok pada 12,5:1, begitu hujan masih normal,” ucap mekanik ramah ini.

Sedang spesifikasi mesinnya, juga tetap sama dengan kondisi trek kering. Ubahan dimulai dari piston forging merek Kawahara berdiameter 57,2 mm. Piston ini lebih ringan namun kuat menggebuk kompresi 12,2:1 yang didapat dari kontur high dome serta papas head 0,4 mm.

Buka tutup klep diatur noken as berdurasi 265˚ untuk in dan ex 270˚ serta lift 9 mm untuk kejar power di putaran tengah ke atas. Agar bisa gunakan spek lift 9 mm per klep dipilih yang panjangnya 38 mm. “Per klep standarnya pendek dan rapat, maksimal liftnya hanya sekitar 8,5 mm saja,” lanjut Aconk, panggilan akrabnya.

Sedang injeksinya, pakai throttle body Honda CB150R direamer jadi 32 mm. Injektor standar CB150R tapi ada dua. Timing menyemprotnya pakai diatur ECU aRacer RC1 asal Taiwan.

“Selanjutnya, magnet dibuat ringan dengan berat hanya 350 gr, hal ini dilakukan untuk memperbaiki kekurangan di rpm atas, sedang putaran bawahnya sudah kuat,” lanjutnya.

Di area kaki-kaki, suspensi depan masih standar cuma dimodifikasi lubang sulingnya. “Sedang yang belakang pakai Kawahara, untungnya full adjustable, bisa disesuaikan dengan karekter sirkuit Kanjuruhan yang banyak putar balik,” yakin Aconk.

Pelek Honda Blade 125 yang lebih sempit dipilih, ukuran 1.40x17 untuk depan dan 1.60x17 di belakang. Ban jadi lebih bulat, motor pun lincah saat meliuk patah. Selamat ya! • (otomotifnet.com / Fariz)

Juara di Trek Basah

Data Spesifikasi Honda Sonic 150R 2016
Piston : Kawahara
Noken as : Custom
Injector : Honda CB150R
Throttle body : Honda CB150R
ECU : Aracer RC1
Magnet : 350 gr
Klep : Kawahara
Knalpot : Kawahara
Shock belakang : Kawahara
Ban : FDR
Pelek : Honda Blade 125

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa