Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive New Mazda VX-1 R A/T Metro

Parwata - Rabu, 22 Juni 2016 | 08:10 WIB
New Mazda VX-1 R A/T Metro
Rian/otomotifnet
New Mazda VX-1 R A/T Metro

Kembali jadi kembaran salah satu Low MPV terlaris, hanya kali ini makin minim pembeda

Jakarta - Ya, ini masih MPV yang meninggalkan orang bertanya-tanya, kenapa ada emblem Mazda di tempat yang seharusnya diisi logo Suzuki. Meneruskan kerja samanya, VX-1 kembali hadir, kali ini dengan New Ertiga sebagai basis. Hanya saja, perbedaan antar-merek jadi jauh lebih minim.

First things first, absennya ABS terasa seperti terasa downgrade dibanding VX-1 sebelumnya. Tweeter juga kini turut tidak hadir. Panel kayu yang dulu jadi kebanggaan dibanding rekan beda mereknya? Justru dihilangkan. Benarlah, kalau bukan karena logo burung di setir dan di luar, VX-1 tidak akan bisa dibedakan dari Ertiga.

Namun yang paling menarik adalah revisi yang dilakukan terhadap mesin K14B, perbedaan paling mencolok dari versi facelift-nya. Tarikan bawah jadi sangat responsif, sekali sentuh pedal gas dari diam, langsung terasa akselerasinya. Namun terasa putaran di tengah agak sedikit kosong, apalagi ketika mencoba berakselerasi tanpa kickdown ketika di gigi 2 atau 3.

Untungnya, tenaga 92 dk dapat kembali dinikmati pada rpm tinggi, meskipun teriakan mesin tidak nikmat didengar. Oh iya, penambahan perubahan tenaga ini tidak memberi perubahan signifikan pada angka performanya. Dari segi fitur, hal-hal mendasar seperti defogger, auto lock, intermitten wiper absen.

Namun beberapa yang diberikannya justru jadi poin plus tersendiri, seperti adanya spion lipat elektrik, aliran angin AC yang bisa diarahkan ke kaki hingga immobilizer. Pada akhirnya, VX-1 akan jadi pilihan bagi mereka yang menginginkan kenyamanan khas Ertiga, namun tidak mau memiliki logo ‘S’ di depan.


Data Test New Mazda VX-1 R A/T Metro :

Peforma

0 – 60 km/jam: 5,9 detik
0 – 100 km/jam: 14,4 detik
40 – 80 km/jam: 6,2 detik
0 – 201 m: 12,5 detik
0 – 402 m: 19,5 detik

Konsumsi
Dalam Kota: 10,8 km/liter
Luar Kota: 14,7 km/liter
Konstan 60 km/jam: 25,5 km/liter @ 1.750 rpm
Konstan 100 km/jam: 18,6 km/liter @ 2.600 rpm

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa