Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nico Rosberg Kehilangan Podium Kedua Setelah Dipenalti

Senin, 11 Juli 2016 | 02:08 WIB
No caption
No credit
No caption

Silverstone – Pembalap Mercedes Nico Rosberg yang naik di podium kedua GP Inggris (10/7), diberi hukuman waktu 10 detik karena mendapat bantuan radio dari timnya, akibatnya ia turun satu posisi jadi urutan ketiga.

Setelah balapan di sirkuit Silverstone, Nico Rosberg masih dalam penyelidikan ketika ia melakukan dialog radio dengan tim untuk mencoba dan memperbaiki masalah girboks menjelang balapan berakhir.

Dalam dialog itu, Rosberg meminta petunjuk dan respons tim itu dianggap melanggar aturan ketat yang melarang pembalap dibimbing dari pit wall (tempat tim memantau pembalapnya berlomba).

No caption
No credit
No caption
Lewis Hamilton (tengah) kini hanya tertinggal 1 point dari Nico Rosberg (kiri)

Pengawas lomba setelah menerima laporan dari Race Director, mendengar dari pembalap dan perwakilan tim serta memeriksa bukti-bukti audio, telah dianggap terjadi pelanggaran Pasal 27.1 regulasi sport F1 dan memberlakukan penalti waktu 10 detik.

Pengawas lomba mengatakan bahwa mereka telah mempertimbangkan masalah itu panjang lebar, menetapkan bahwa tim memberikan beberapa petunjuk kepada pembalap yang secara khusus diizinkan menurut Petunjuk Teknis 014-16.

Namun, Stewards menyimpulkan bahwa tim kemudian melangkah lebih jauh dan memberikan instruksi kepada pembalap yang tidak diizinkan di bawah Technical Directive.

Pada lap 47, dari 52 lap yang harus ditempuh, Nico Rosberg menyebut girboks mobilnya bermasalah. Gigi 7-nya macet. Lewat komunikasi radio, tim Mercedes memberi petunjuk untuk memperbaikinya.

Max Verstappen tiga kali naik podium dalam enam kali penampilannya bersama tim Red Bull Racing

Atas kejadian itu, Rosberg yang masuk finish di posisi kedua masih dalam penyelidikan. Menurut regulasi sport, pembalap harus mengendarai mobilnya sendiri dan tidak boleh mendapat bantuan dari tim.

Dengan demikian, pembalap Red Bull Max Verstappen yang finish tidak jauh di belakangnya, terdongkrak ke posisi kedua. Selain kehilangan posisinya, Rosberg kehilangan tiga point.

Sebelum hasil penyelidikan diumumkan, Rosberg yang finish runner-up di belakang rekan setimnya Lewis Hamilton, unggul 4 point di klasemen sementara. Kini menjadi 1 point, 168-167.

Pada klasemen kejuaraan konstruktor, tim Red Bull mendekati Ferrari. Yaitu Ferrari 204 point dan Red Bull 198 point. (otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa