Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perbaikan Eksterior Pasca Libur Lebaran

Parwata - Kamis, 21 Juli 2016 | 09:28 WIB

Jakarta - Saat balik dari perjalanan panjang libur Lebaran, saatnya pula melakukan perbaikan eksterior . Memang enggak banyak titik-titik yang rentan disenggol atau tersenggol, tapi akibatnya tetap mengganggu pandangan mata. • (otomotifnet.com) / TK,oct

Bumper

Akibat kurang konsentrasi atau memang kondisi jalan lagi super ramai, bumper depan bisa saja nyenggol mobil lain atau pembatas jalan. Ketika pengendara lain yang kurang konsentrasi, bumper belakang jadi sasarannya. Tingkat kerusakannya bisa dari hanya lecet, penyok sampai rusak berat.

Kalau hanya lecet akibat benturan ringan dan enggak sampai merobek lapisan pernis, bagi yang telaten bisa menangani sendiri. “Tinggal gosok pakai kompon hilang sudah goresannya,” ungkap Iwan Rahmawan, Kepala Bengkel Layanan Prima di Jl. H. Muchtar Ciledug, Tangsel.

Bagian bumper kalau masuk body repair, dana yang harus disiapkan sampai Rp 680 ribu. Tentunya harga itu bukan set depan belakang, melainkan untuk 1 sisi saja. “Bumper yang sudah mengalami penyok cukup parah biasanya dilakukan penggantian baru,” jelas Thomas dari bengkel TCB Car Body Repair di Jl. Bintaro Permai Pesanggrahan, Jaksel.

Spion

Tergesa-gesa bisa bikin spion nyenggol kendaraan lain. Bisa jadi senggolan itu hanya berbuah lecet saja pada rumah spion dan enggak keluar biaya banyak untuk perbaikan. Tapi kalau sampai kacanya pecah, mesti siapkan dana penggantian minimal Rp 200 ribu.

Atau mau sekalian ganti kaca spion custom yang ada sein, anggarannya Rp 650 ribu. Kalau sampai unit spionnya rusak, untuk tebus baru enggak kurang dari Rp 500 ribu. Buat yang tertarik mengganti model standar ke retract, siapkan saja Rp 1,2 juta.

Lampu

Bukan hanya benturan dengan kendaraan lain saja yang bikin head lamp pecah. Kerikil yang terlempar akibat terlindas kendaraan lain, juga bisa tersangka lampu depan pecah. Ganti head lamp butuh dana dari Rp 900 ribuan, harga sesuai dengan tipe dan jenis kendaraan. Tertarik untuk sekalian ganti model proyektor, bujetnya Rp 3-4 jutaan.

Bengkel Resmi

Perbaikan enggak hanya bisa dilakukan di bengkel khusus body repair. Bengkel resmi seperti Daihatsu di Jl. Pangeran Jayakarta, juga menyediakan jasa pengerjaan body repair. “Kita enggak hanya menerima Daihatsu saja. Merek lain yang tanpa asuransi, juga bisa datang dan melakukan perbaikan,” kata Dolf Valentino.

Lebih lanjut pria yang menjabat sebagai Workshop Head ini bilang, pengerjaan 1 sampai 3 panel, cuma sehari kok. Jadi tinggal atur jadwal saja kapan kendaraan akan dikirim. Oh iya, untuk yang non asuransi lagi ada promo diskon untuk jasa perbaikan 20%. “Di luar penggantian spare part ya,” jelas pria yang sudah melalang buana sampai Daihatsu Samarinda ini.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa