Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Kawasaki ER-6n 2012, Scrambler Pengobat Stres

Rabu, 7 September 2016 | 11:27 WIB
No caption
No credit
No caption

Buat hilangin capek enggak perlu sampai buang-buang duit liburan keluar negeri

JAKARTA - Namanya obat capek dan stres tuh enggak harus melulu jalan-jalan keluar negeri ataupun ke pantai. Contoh Daniel A. Hijanto yang punya cara berbeda untuk obat stres atau capek.

“Buat ngilangin capek enggak perlu buang-buang duit keluar negeri ataupun ke pantai yang sepi dengan biaya sewa yang selangit. Cukup lanjutkan hobi modifikasi dan lihat hasil akhirnya itu jauh lebih worth it,” buka Daniel, panggilan akrabnya.

Karena itu, demi pemuas hati dan menghilangkan jenuh yang dialaminya, dia memodifikasi kuda besi Kawasaki ER-6n yang sudah lama berdebu di garasi. “Sayang juga daripada enggak dipakai dan rusak begitu doang mending dimodif, makin enak diliat dan masih pede kalau dipakai nongkrong,” bebernya.

No caption
No credit
No caption
 

Karena sebelumnya sudah pernah ngegarap motornya yang satu lagi di Baru Motor Sport (BMS) dan puas dengan hasilnya, Daniel langsung kirim ER-6n-nya ke bengkel yang berlokasi di bilangan Palmerah, Jakbar itu.

Konsepnya, pria paruh baya ini memilih gaya scrambler yang lagi hits di dunia otomotif Indonesia. Namun soal desain dia langsung menyerahkan sepenuhnya pada Ariawan Wijaya, siempunya BMS.

“Daniel suka ubahan yang sedikit ekstrem, untuk itu desain lengan ayun saya buat nyentrik. Soknya dibuat lebih miring agar posisi jok jadi lebih rendah ke tanah, sesuai permintaan si empunya dan lengan ayun yang sekarang dibuat single arm,” jelas Ari, panggila akrabnya.

Makin ekstrem lagi transfer gearnya dibuat double, yang satu lagi menempel di tengah menyatu dengan lengan ayun. Wah sadis tuh!

“Total gear ada 4, yang pertama dibagian paling depan, 2 di tengah untuk transfer power ke roda belakang. Ini gara-gara penggunaan pelek belakang CNC merek Custom Concept Industries dengan ring 18 x 8,5 inci,” sahut pria yang medok dengan bahasa Jawanya.

 

Untuk pembuatan lengan ayun dibikin dari besi tubular tebal yang kuat menahan bobot motor dan penggunanya agar tetap safety saat dikendarai.

Kelar urusan lengan ayun dan pelek lebar, geser ke depan. Agar pelek CNC ring 18 x 3.50 inci bisa masuk dan biar terlihat semakin montok, sok depan comot upside down milik Kawasaki ZX-10R.

“Untuk triple tree-nya kita buat ulang dengan CNC biar rake pas dan tetap nyaman saat dipakai,” ujarnya lagi.

Mempercantik tampilan bodi scrambler, bodi dibuat ulang jadi lebih montok dan di-finishing pakai warna hitam doff sesuai permintaan siempunya motor agar terlihat garang.

Wah bakalan makin sering dipakai deh tuh, mantap! • (Sigit / otomotifnet.com)

Plus: Konsep keren, pengerjaan rapi
Minus: Sein dipasang dong biar makin safety 

Data Modifikasi:
Headlamp : Harley Davidson Vrod
Setang : Protaper
Sok depan : Upsidedown Kawasaki ZX-10R
Bodi : Custom by BMS
Lengan ayun : Custom by BMS
Ban : Avon
Pelek : CNC by CCI
Knalpot : Two Brothers
BMS : 081915113717​

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa