Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Data dan Fakta GP Singapura: 8 Tahun 3 Pembalap

Kamis, 15 September 2016 | 23:17 WIB

Singapura – GP Singapura yang memasuki perhelatan tahun kesembilan akhir pekan ini, baru dimenangkan oleh tiga pembalap. Berikut data dan fakta lain mengenai sirkuit jalan raya Marina Bay ini.

Dalam delapan tahun sejak bergabung jadi tuan rumah balap F1 pada 2008, setiap lomba terganggu dengan masuknya safety car. Paling terkenal tahun 2008, ketika Nelson Piquet Jr. kecelakaan yang pada akhirnya setelah dilakukan investigasi, ternyata itu disengaja.

Saat itu balapan pertama GP Singapura dimenangkan pembalap tim Renault Fernando Alonso. Ketika Piquet Jr. kecelakaan di lap 14 itu, semua pembalap barisan depan masuk pit. Alonso yang masuk pit sebelum insiden itu, memimpin lomba sampai finish.

Ini jadi skandal besar. Setelah di pertengahan musim 2009 terungkap kasus ‘crashgate’ ini. Tim Renault didiskualifikasi dua tahun dari balap F1, Piquet dipecat, para petinggi tim Renault dicekal aktivitasnya di F1.

Nah, akibat sering adanya safety car, setiap tahun baapan di sini kerap mencapai atas waktu maksimum lomba selama dua jam. Paling cepat terjadi pada 2009 dengan durasi lomba 1 jam 56 menit 06,337 detik.

Seperti balapan di sirkuit jalan raya pada umumnya, posisi start sangat penting. Sekitar 75% yang menempati start dari pole position di Singapura, keluar sebagai pemenang.

Tahun lalu tim Mercedes berjuang keras ketika tidak dapat menghasilkan suhu ban yang cukup. Lewis Hamilton dan Nico Rosberg yang bertarung dalam perebutan gelar, hanya berada di posisi kelima dan keenam dalam kualifikasi.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa