Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Polemik Motor Listrik, Belum Apa-apa Sudah Menyengat

Parwata - Rabu, 21 September 2016 | 14:59 WIB

Jakarta - Menyatakan akan merilis motor listrik di 2018, PT Astra Honda Motor (AHM) justru mendapat sorotandari calon kompetitornya, GESITS yang juga mencanangkan akan terjun ke pasar motor listrik secara massal. Pasalnya, motor listrik Honda EV Neo yang dipinjamkan kepada Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan selama September-Oktober 2016 dinilai tak mampu merepresentasikan performa motor yang digunakan masyarakat saat ini.

“Ini modus, karena mereka enggak bisa ikut arus. Kalau mendukung peraturan (pembuatan regulasi motor listrik) kenapa enggak dikasih motor yang lebih bagus,” tutur Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo, produsen GESITS yang bekerjasama sengan Institut Teknik Spuluh November.

Ia menduga Honda tengah berupaya menjegal langkah pengembangan motor listrik yang dilakukan produsen lokal. Ia menunjuk dua ide yang mencuat yang dapat mengganggu pasar motor konvensional yang dikuasai AHM. “Pertama, enggak ada merek komersial Indonesia yang berhasil. GESITS (merek Indonesia) diterima antusias oleh masyarakat. Kedua pakai listrik. Kedua-duanya ini positive point. Kalau berhasil akan menggerus mereka,” papar Memet, sapaan Muhammad Al Abdullah.

Ia menilai, untuk mengadang GESITS maka beberapa isu pun diangkat. Termasuk ‘menembak’ Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang dinilai kurang bermain cantik. “AISI kurang cantik mainnya. Mereka bilang motor listrik mahal, saya gebuk pakai harga murah. Mereka bilang infrastruktur, saya bilang tinggal ganti baterai saja. Lalu mereka bilang model kurang diterima, kita bikin kaya skutik,” lanjutnya. (otomotifnet.com)

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa