Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How to Buy Yamaha MT-25 Second Hand Tahun 2015, Siapkan Dana Rp 44 Juta

Selasa, 27 September 2016 | 10:59 WIB

Jakarta - Bagi pengendara motor yang ingin naik kelas ke motor 250 cc dengan budget terbatas, sudahkah Anda menentukan merek dan varian yang akan dipilih? Jika belum, dalam rubrik How to Buy kali ini, Anda bisa menelisik salah satu pilihan motor sport 250 cc seken yang mulai muncul di pasaran motkas yaitu, Yamaha MT-25.

Motor yang termasuk ke dalam kategori naked bike ini merupakan saudara satu mesin dari Yamaha YZF-R25 (R25). Walaupun basis mesin sama, tetapi PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memberikan perubahan yang signifikan pada segi tampilan MT-25, tentu yang paling kentara adalah absennya fairing.

Sebagai penggantinya, YIMM mendesain MT-25 dengan kondom tangki yang lebih besar. Lalu hadirnya undercowl sebagai aksesori standar, dan terakhir desain  head lamp baru yang mengacu pada desain klan MT series di jajaran motor Yamaha.

Ergonomi juga berubah berkat penggunaan setang fatbar yang membuat posisi duduk rider lebih santai. Cocok untuk penggunaan di dalam kota atau perjalanan jarak jauh karena tidak cepat membuat rider pegal.

Selain itu, hadir juga behel ‘tanduk’ pada buritan yang dapat digunakan untuk grip tambahan bagi boncengers. Peranti itu juga mempermudah ketika harus menggeser motor di tempat parkir.

Berbicara plus minus, setiap motor pasti memiliknya. Nah, untuk MT-25 ada beberapa nilai plus yang perlu Anda pertimbangkan.

Pertama tentu ergonomi yang nyaman, apalagi ditambah sokbreker belakang empuk. Nilai plus kedua ada pada mesin 2 silinder yang menghasilkan tenaga paling besar dibanding kompetitor. Nilai plus terakhir adalah umur motor yang masih muda, hal tersebut berarti belum banyak PR yang harus dihadapi oleh pemilik tangan kedua.

“Untuk motor yang berusia di bawah 2 tahun, belum banyak komponen yang harus dikhawatirkan. Kemungkinan besar hanya melakukan penggantian komponen fast moving seperti, kampas rem, fi lter udara, dan fi lter oli,” jelas Haikal, Service Advisor bengkel resmi Yamaha Kalibata.

Minusnya seperti R25, ada problem di laher kopling dan pompa oli makanya ada program recall dari Yamaha. Bagi yang berniat membeli unit sekennya, Anda harus menggali kantong lebih dalam karena harga pasaran yang masih tinggi.

Untuk unit keluaran tahun 2015, setidaknya Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 42 juta hingga Rp 44 juta. • (Bob / otomotifnet.com)

Plus:
1. Ergonomi nyaman
2. Mesin powerful
3. Umur masih muda

Minus:
1. Desain tampilan tidak untuk semua orang
2. Harga beli masih tinggi
3. Ada problem kopling dan pompa oli

Spesifikasi Singkat:
Kapasitas Mesin: 250 cc
Konfi gurasi Mesin: 2 silinder, 8 klep DOHC
Transmisi: M/T, enam percepatan

Menakar Biaya Servis
Karena motor ini belum terlalu berumur maka pemilik tangan kedua hanya wajib melakukan perawatan berkala di bengkel resmi yang dianjurkan setiap 2000 kilometer. Jangan lupa lakukan penggantian komponen-komponen fast moving.

Untuk biaya yang harus Anda keluarkan antara lain sebesar Rp 125 ribu untuk servis ringan, plus Rp 100 ribu untuk servis sistem injeksi. Semua biaya yang disebutkan tersebut belum termasuk harga penggantian spare parts.

Harga Spare Parts:
Kampas rem depan Rp 324.000
Kampas rem belakang Rp 140.000
Filter oli Rp 64.000
Filter Udara Rp 91.000
Oli Rp 70.000
Coolant Rp 33.000
Sumber: Yamaha Kalibata (PT Sumber Mas Motor),
Jl. Raya Pasar Minggu No.11, Kalibata, Jaksel,(021)-7974259​

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa