Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Taillight BMW Seri-3 F30

andy - Senin, 26 September 2016 | 17:22 WIB

Memasuki tahun 2015, BMW Seri-3 F30 mengalami facelift yang lebih dikenal dengan sebutan LCI (Life Cycle Impulse). Salah satu ciri mudah dalam menentukan versi LCI dilihat dari headlight maupun taillight yang mengadopsi teknologi full LED.

Ada kabar baik bagi Anda pemilik BMW Seri-3 F30 pra-LCI. Mobil Anda tetap bisa terlihat bak versi LCI dengan mengubah headlight dan taillight lama (retrofit) dengan part LCI. Di Astra BMW Sunter program pergantian headlight LCI bisa dilakukan dengan biaya Rp 50,889 juta, sedangkan taillight LCI hanya dikenakan biaya Rp 18,459 juta.

Proses penggantian headlight dan taillight LCI ini bisa dilakukan dalam waktu singkat, kurang dari satu jam. Seperti apa cara pemasangan ‘mata’ LCI di BMW Seri-3 F30? Berikut adalah ilustrasi pergantian pada BMW 335i.

  1. Pertama-tama lepas taillight (garnish dan stop lamp) menggunakan kunci pas. Jika di bagian garnish perlu melepas plafon tutup bagasi, maka di bagian stop lamp cukup melepas baut di samping stop lamp.
  2. Setelah taillight (garnish dan stop lamp) dilepas, lepas kabel pada soket lampu lama dan pasang kembali ke socket khusus LED. Kemudian pasang socket LED ke konektor garnish dan stop lamp LCI sebelum dipasang kembali ke posisi sebelumnya.
  3. Setelah taillight LCI terpasang, pasang battery charger ke sistem aki BMW sebagai sumber daya. Kemudian koneksikan diagnostic tool BMW ICOM NEXT ke OBD mobil agar software BMW ISTA/P (Integrated Service Technical Aplication/Programming) dan AIR (Aftersales Information Research) bisa mengeksekusi update informasi ke sistem komputer mobil mengenai ubahan taillight LCI.
  4. Setelah proses update software di-eksekusi, maka taillight LCI sudah bisa digunakan secara normal tanpa ada error di sistem komputer mobil.

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa