Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menghemat Biaya, Ini 5 Hal Yang Membuat Renault Kwid Murah

Fransiscus Rosano - Rabu, 19 Oktober 2016 | 15:14 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bila sebelumnya kami membahas 5 hal yang membuat Renault Kwid spesial dengan harga jual yang diusungnya, kini OTOMOTIFNET.COM akan memberi tahu dimana saja titik yang membuatnya bisa dijual dengan range harga sangat terjangkau. Seperti diketahui, PT Auto Euro Indonesia (AEI) baru saja meluncurkan crossover mungil terbarunya, Renault Kwid, dengan harga yang tergolong murah.

Namun di balik tampang crossovernya, interior sporty, ground clearance tinggi hingga head unit canggih, tetap saja beberapa cost down atau segi penghematan biaya sulit disembunyikan. Berikut 5 hal yang membuat Renault Kwid terjangkau:

1. Diameter Pelek Mungil

No caption
No credit
No caption
Diameter pelek 13 inci dan lebar yang sangat tipis

Renault Kwid memakai pelek berdiameter 13 inci dengan ban 155/80. Jenis yang digunakan adalah pelek kaleng namun diberikan cover penutup. Kami tidak masalah dengan diameternya yang cukup normal untuk kelasnya, namun lebar yang terlalu kecil membuatnya terlihat cungkring dari belakang, bahkan seperti space saver. Bahkan PCD yang digunakan cukup sulit, yaitu baut 3, tentunya akan membuat pilihan pelek aftermarket makin terbatas.

2. Minim Perhatian Soal Safety

No caption
No credit
No caption
Tanpa ABS dan semua sabuk pengaman belakang masih 2 titik

Benar, Renault Kwid memang sudah dilengkapi oleh airbag untuk pengemudi. Namun beberapa pesaingnya sudah disematkan juga airbag di sisi penumpang depan, sedangkan Kwid harus puas tempatnya diisi oleh laci. Belum lagi, rem ABS (Anti-lock Braking System) tidak disematkan di crossover Perancis ini. Dan bagi anda yang duduk di belakang, harus puas dengan ketiga sabuk pengamannya yang masih dua titik tanpa dudukan ISOFIX.

3. Tidak Ada Power Window di Belakang

No caption
No credit
No caption
Penumpang belakang masih harus 'engkol' jendela

Penumpang belakang pun harus dikorbankan kenyamanannya karena perlu membuka jendela secara manual alias dengan sistem 'engkol'. Paling tidak, power window tersedia di depan, namun cost saving pun terlihat dengan penempatan tombolnya yang ada di fascia tengah.

4. Build Quality

No caption
No credit
No caption
Bumper depan dan belakang meski berwarna sama dengan bodi, tetap memiliki finishing cat yang sedikit berbeda

Meski Renault adalah merek Eropa, yaitu Perancis, namun Kwid di Indonesia tidak diimpor dari negara tersebut. Justru dari negara kelahirannya yang juga memiliki penjualan luar biasa besar disana, yaitu India. Otomatis, build quality yang tidak sebaik kompetitor pun terlihat. Contoh plastik kasar yang digunakan di setiap sisi interior, door trim belakang yang kelewat tipis, hingga cat pada bagian bumper depan dan belakang yang berbeda dengan cat utama.

5. Detail-Detail Kecil

Di balik wiper satu tangkainya, tidak ada cowl grille plastik

Hal-hal berikut meski minor, namun tetap sulit diabaikan. Misalnya, di balik wiper depan yang hanya ada satu, tidak ada cowl grille plastik di bawahnya. Kemudian di belakang pun tidak tersedia wiper dan defogger. Yang tidak terlihat, di balik fender belakang, tidak ada cover plastik tambahan yang dikhawatirkan akan membuat road noise dari belakang cukup terdengar.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa