Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Model Terlaris Astra Daihatsu Sigra R Deluxe M/T

andy - Jumat, 2 Desember 2016 | 15:03 WIB

Di Car & Tuning Guide edisi 549 September lalu, kami telah membahas secara detail bagaimana performa dan karakter Astra Daihatsu Sigra R Deluxe A/T. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan mengenal lebih intim dengan Sigra R Deluxe bertransmisi manual.

Ya, di hadapan Anda inilah varian Sigra yang laris manis. Total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang tercatat per 10 Oktober sebanyak 17.314 unit. Dari angka itu Sigra R Deluxe M/T menyumbang sekitar 29 persen. Posisi terlaris kedua ditempati oleh Sigra yang juga bertransmisi manual (non Deluxe).

Pertanyaannya, mengapa lebih banyak konsumen yang tertarik pada Sigra bertransmisi manual? Bisa jadi harga yang lebih murah ketimbang versi transmisi otomatis, atau karakter Sigra manual lebih menyenangkan ketika diajak berkendara menjadi alasannya.

Selain itu mengacu kepada data pemesanan LCGC MPV ini, porsi terbanyak peminat Sigra datang dari luar kota Jakarta dengan angka sekitar 60 persen dari total SPK di atas. Sisanya adalah konsumen Jabodetabek yang jatuh cinta padanya.

Oke, sekarang kita kembali ke Sigra R Deluxe M/T. Soal harga, versi manual ini memang lebih murah Rp 12,8 juta ketimbang varian termahal Sigra R Deluxe A/T  yang berharga Rp 147,35 juta. Artinya, dengan selisih harga tersebut konsumen bisa mengurangi biaya cicilan, atau menggunakannya untuk dress up atau personalisasi.

Apalagi kedua varian tertinggi dari keluarga Sigra (R Deluxe A/T dan M/T) tak memiliki perbedaan lain kecuali jenis transmisi yang diusungnya. Sigra R Deluxe A/T dibekali transmisi otomatis 4-percepatan, sementara versi M/T mengunggulkan transmisi manual 5 tingkat percepatan. Keduanya sama-sama menggunakan mesin 3NR-VE DOHC Dual VVT-i 4 silinder berkapasitas 1.197 cc yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 88 ps dan torsi 108 Nm.

Bagaimana karakter dan performanya untuk Sigra transmisi manual? Well, setelah kita lakukan pengetesan akselerasi dari keadaan diam hingga 100 km/jam, Sigra R Deluxe M/T menorehkan angka 12,5 detik. Hasil tersebut lebih cepat 2,6 detik ketimbang Sigra A/T. Ketika dibandingkan dengan sang rival, Datsun GO+ Panca, Sigra R Deluxe M/T juga lebih cepat sekitar 2,2 detik.

Terlintas di benak kami, bagaimana performanya jika dibanding Toyota Grand New Veloz 1.3 M/T yang berkapasitas mesin 1.329 cc? Lagi-lagi Sigra R Deluxe manual mampu membuahkan akselerasi yang memesona. Berlari 0-100 km/jam Sigra masih unggul 0,4 detik dari Veloz.

Jika melihat bobotnya, Sigra R Deluxe M/T memang lebih ringan sekitar 25 kg dari versi transmisi otomatis. Artinya Sigra M/T memiliki power-to-weight ratio 11 kg/ps, sementara versi otomatisnya berada pada angka 11,25 kg/ps dengan bobot kendaraan 990 kg. Hal tersebut yang membuat akselerasi dan performa Sigra M/T menjadi lebih baik daripada versi transmisi otomatis.

Pada pengujian akselerasi pertengahan dari kecepatan 20 km/jam menuju 40 km/jam yang kerap digunakan untuk kondisi stop and go di kepadatan lalu lintas Ibu Kota, dibutuhkan waktu 1,5 detik. Ini berarti unggul 0,6 detik dari Sigra transmisi otomatis.

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa