Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

JoeHammer J1, Motor Listrik Yang Bisa Penuhi Kebutuhan Listrik Rumah Tangga

Jumat, 2 Desember 2016 | 20:51 WIB

Austria - Perusahaan asal Austria, JoHammer, baru-baru ini memperkenalkan model sepeda listrik terbarunya berlabel J1. Dirancang oleh desainer Leonie dan Jean-Marie Lawniczak dari studio Yellow, motor ini tampak nyeleneh dengan desain seperti serangga.

Meski nyeleneh, motor ini cukup bertenaga untuk ukuran kendaraan listrik. Power maksimumnya bisa mencapai 21,4 dk. Motor ini juga bisa melaju hingga jarak 200 km, sebelum baterainya diisi ulang kembali. Sedang top speed-nya diklaim tembus 120 km/jam. Cukup kencang kan.

Nah, kerennya lagi, motor yang bodinya dibuat di Italia ini bisa berfungsi juga sebagai storage penyimpan tenaga listrik, yang mampu menyuplai kebutuhan listrik rumah tangga hingga 2 hari lamanya. Bisa dikatakan, fungsinya mirip-mirip Tesla Powerwall.

JoHammer J1 akan dipasarkan dalam dua model, yakni J1.150 dan J1.200. Kode tiga angka yang tertera dibelakangnya menunjukkan sejauh mana motor ini bisa melaju, 150 km/jam atau 200 km/jam.

J1.150 akan ditenagai baterai lithium-ion sebesar 8,3 kWh, dengan waktu pengisian 2 jam 20 menit. Motor berbobot 159 kg ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 330 juta.

Sementara itu, J1.200 bertenagakan baterai 12,7 kWh, dengan waktu isi ulang sekitar 3 jam 30 menit. Motor dengan bobot 178 kg dibanderol dengan harga lebih mahal, yakni sekitar Rp 359 juta.

Meski berbeda di kapasitas baterai, bobot, serta harga jual, kedua model ini tetaplah memiliki basis yang sama seperti frame, suspensi, pelek 19 dan 17 inci, termasuk fungsi pengereman regeneratif yang bisa mengonversi energi mekanis menjadi energi listrik kembali.

Untuk menjamin kepuasan para pelanggannya, JoHammer memberikan garansi baterai J1 hingga jarak 200.000 km atau empat tahun usia kendaraan. Tertarik?.(otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa