Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Toyota Kijang Innova 2.7 V A/T 2005 Kijang Rasa Amerika

Parwata - Kamis, 8 Desember 2016 | 16:51 WIB

Ternyata pelek asli Amerika ini bisa terpasang juga di mobil Jepang

Jakarta - Belakangan ini kerap terlihat beberapa mobil Jepang menggunakan pelek billet, yang aslinya buatan Amerika. Salah satunya adalah Toyota Kijang Innova milik Indra Kharisma ini, apalagi ia lebih terkenal sebagai juragan mobil merek Holden.

“Gara-gara penasaran gimana jadinya kalau Kijang Innova pakai pelek billet. Dulu pernah lihat tapi bukan di Innova,” ujar Indra Growong, sapaan akrabnya.

Sebagai info, pelek billet dibuat dari bahan aluminium billet yang ringan dan kuat. Umumnya banyak dipasang di mobil hobi, seperti Holden dan juga keluarga Jeep seperti Wrangler dan Cherokee.

Modelnya boleh dibilang sangat ‘Amerika’. Di negara asalnya, pelek ini banyak dipakai di pikap atau mobil yang sudah dimodifikasi ala hot rod.

Nah, di Indonesia sendiri pelek billet mulai ramai digunakan kurang lebih sejak tahun 1990-an. Merek yang banyak dijumpai adalah Centerline, Boyds, Billet Specialties, juga Weld Racing.

Yang paling jamak ditemui adalah Centerline, penggunaannya banyak terlihat di mobil jenis jip atau SUV dan juga Holden. Bahkan selain untuk harian, ada juga yang pakai Centerline ini untuk kompetisi, seperti off-road atau drag race.

Nah, di Toyota Kijang Innovanya ia memasang Centerline Star 15x8 inci dengan PCD 5x114,3 sesuai PCD standar Innova. Untuk suspensinya, agar lebih tinggi ia memasang suspension lift kit custom dari bahan aluminium.

“Jadi naik sekitar 5 cm,” bilang pemilik bengkel Garasi941 di sentra onderdil pasar segar Cinere ini. Keren maksimal! Selain itu ia juga mengganti wajah Innovanya jadi Grand Innova tahun 2012. Mulai dari head lamp, gril, bumper depan belakang, sepatbor depan kiri kanan, plus stop lamp langsung diganti dan dicat sewarna bodi.

Makin keren lagi setelah ia menambahkan roof rail Jeep Cherokee XJ dan tow bar custom di belakang.

Jadi, sudah cukup ‘Amerika’ nih Innovanya? • Kyn/otomotifnet.com

Data Modifikasi

Eksterior: Facelift Grand Kijang Innova 2012, repaint putih Spies Hecker, roof rail Cherokee
XJ, tow bar custom, deflecta belakang custom Nuris, antena Larsen, fender mirror Interior 

Audio: Setir Grand Innova, head unit Pioneer


Mesin: Tabung knalpot custom, tail pipe custom Pelek dan Kaki-kaki: Pelek Centerline Star 15x8 inci, ban Accelera Alpha 225/60R15, suspension lift kit custom

Plus: Masih jarang yang menggunakan pelek billet
Minus: Interior tidak banyak ubahan

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa