Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Suspensi Udara ala Vanddicted, Kunci Penunjang Gaya

Parwata - Jumat, 16 Desember 2016 | 22:39 WIB

Virus Vanddicted kian meluas, ini kunci biar tampil ceper enggak bikin repot

Jakarta - Salah satu syarat modifikasi Vanddicted adalah tidak meninggalkan fungsinya sebagai mobil keluarga. Makanya peranti suspensi udara (air sus) banyak dilirik demi konsep ini. Kenapa?

Ya, lewat aplikasi suspensi ini, makin mudah tampil ceper tanpa ribet dan tidak terlalu mengorbankan kenyamanan. Lalu bagaimana spesifikasi air sus untuk MPV atau van bergaya Vanddicted?

“Sebenarnya tidak beda dengan air sus untuk SUV atau hatchback,” terang Raya Irwansyah, pentolan bengkel Akasia, penjual paket air sus berbagai merek ini. Apalagi buat model global yang dijual di berbagai negara, seperti Honda Odyssey dan Toyota Alphard.

“Beberapa merek sudah menyiapkannya dalam bentuk paket kit,” jelas Iwan, panggilan akrabnya.

Lantas bagaimana dengan MPV dan van yang banyak dijual di Indonesia, seperti Kijang Innova, Avanza, Ertiga atau Mobilio? “Semuanya bisa dipasang air sus kok,” kata pria ramah ini.

Rata-rata sistem suspensinya sama, biasanya pakai paket air sus strut-bag. Jadi tipe strut untuk kaki-kaki depan, yang punya konstruksi per dan sokbreker menyatu. Sedangkan tipe bag, biasanya untuk belakang yang sokbreker dan pernya terpisah.

Pun tak perlu ubahan terlalu banyak. “Paling sokbreker depan dicustom untuk dipasangi braket,” terang Andry, pentolan bengkel Japwheels Clinic, Mohammad Ramdan, Bandung.

Walau begitu, ada beberapa penyesuaian pada kendaraan yang ruang sepatbornya sempit, contohnya Odyssey. “Diameter balon diset sekitar 6 inci, upper arm juga di-custom agar air sus bisa optimal,” jelas Andry lagi. • Rendy/otomotifnet.com

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa