Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Escudo 1996 Ubahan Ala GaBin

Parwata - Kamis, 22 Desember 2016 | 07:45 WIB
No caption
No credit
No caption

Ini adalah gaya foto dengan ekspresi muka datar, sambil mengangkat tangan mengacungkan jari telunjuk dan jempol, seolah-olah menggenggam pistol

Jakarta - Ternyata, ini gaya khas Binsar Betonianto setiap kali foto. Makanya jadi singkatan Gaya Binsar (GaBin). “Saya suka dengan kendaraan 4x4 dan camping. Tentunya hobi ini bakal lebih nikmat kalau didukung keluarga,” ucap pria berkacamata ini.

Jadi tidak heran, hampir setiap aktivitas off-road atau camping, selalu ada foto dengan keluarga lengkapnya, tak ketinggalan pose GaBin-nya.

Karena hampir setiap outing diselingi off-road, Binsar mulai gatal punya kendaraan khusus untuk disiksa. Apalagi, teman sepermainan lumpurnya sudah pada terjun dalam event off-road berat dan panjang seperti IOX.

Binsar pun konsultasi dengan Yuri Kusweri. Hasilnya disarankan pada Suzuki Vitara. Namun, karena Binsar ingin punya ‘bahan’ yang tahun muda dengan kondisi segar, akhirnya Escudo jadi pilihan.

“Enggak masalah Escudo 4x2. Nantinya juga cuma bodi dan sasis yang kepakai,” celetuk Binsar. Bengkel Dana Suspension Specialist (DSS) Garage pun dipilih.

Di sana, Yuri mengambil peran untuk modifikasi, mulai dari desain rollbar dan lain-lain. Untuk kaki-kaki dipilih gardan Toyota VX80, dan mesin menggunakan Toyota 1KZ-TE.

“Hasilnya saya suka sekali dengan Escudo ini, tampilannya sangar. Waktu dijajal rasanya juga enak, enggak keras dan bisa off-road ekstrem,” jelas Moses, anak tunggal Binsar.

Oke deh, ditunggu ya ceritanya setelah ikutan event off-road ekstrem… • Rindra/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Cargo Belakang

- Kursi bagian belakang model knockdown, hanya butuh waktu semenit melepasnya. Jadi kalau sewaktu-waktu berangkat hanya dengan navigator, tidak susah lagi ganti komposisi ruang kabin. Tinggal pasang rak bagian belakang dan memindahkan posisi cargo barrier di belakang jok baris depan.

No caption
No credit
No caption
Kelistrikan

- Semua perangkat yang berbau listrik pindah ke bagian atas. Selain jadi tersusun rapih, lebih aman juga saat kabin terendam air.

No caption
No credit
No caption
Mesin

- Mesin Toyota 1KZ-TE, saat ini sedang hype di kalangan offroader. Hampir semua kendaraan off-road, terlebih untuk off-road durasi panjang menggunakan mesin ini. Lantaran ini jadi salah satu mesin badak dan tidak rewel disiksa. Binsar pun percaya pada mesin ini.

No caption
No credit
No caption
Gardan

- Karena VX80 sudah kuat, Binsar lebih mempercayakan as roda bawaan pabrik. Walaupun sudah dipasangkan ARB Air locker di gardan depan dan belakang, tetap tidak takut patah disiksa di trek off-road nanti.

No caption
No credit
No caption
Suspensi

- Suspensi hasil racikan bengkel Dana Suspension Specialist (DSS), mengubah sistem suspensi jadi 5 linkarm pada gardan depan dan 4 link-arm di gardan belakang. Ditambahkan stabilizer bar khusus agar tetap stabil dikendarai.

GaBin

- Ini dia gaya foto narsis ala GaBin…

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa