Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Spesifikasi Lengkap Suzuki Ertiga Diesel Yang Akan Masuk Indonesia

Fransiscus Rosano - Senin, 19 Desember 2016 | 14:43 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Setelah kehadirannya dikonfirmasi oleh PT Suzuki Indomobil Sales, yuk kita intip spesifikasi lengkap Suzuki Ertiga Diesel yang akan segera masuk ke Indonesia.

Disebut Suzuki Ertiga Diesel SHVS, karena mesin diesel generasi terbaru DDiS 200 yang digunakannya telah mengaplikasi teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki.

Teknologi SHVS tersebut mengadopsi beberapa fitur kuncian yang biasa dimanfaatkan di mesin hybrid dengan ISG (Integrated Starter Generator) seperti Idle Stop Start, Torque Assist Function, Brake Energy Regeneration dan Gear Shift Indicator.

Perlu diketahui, teknologi semi-hybrid di atas bukan pertama kalinya diterapkan di mesin diesel. BMW X5 xDrive25d Advanced Diesel yang kami coba pertengahan tahun 2015 lalu pun telah mengadopsi semua teknologi yang ada di atas. Hanya saja, fitur-fitur yang digandrungi SHVS memang masih tergolong baru di kelasnya.

Di luar teknologi SHVS-nya, mesin diesel yang digunakan memiliki kode D13A commonrail diesel dengan kapasitas 1.248 cc dan konfigurasi bore x stroke 69,6 mm x 82 mm. Ya, bila masih ingat Chevrolet Spin Diesel yang pernah beredar di Indonesia, angka yang dimiliki persis sama.

Kompresi rasio diset di angka 17,6 : 1, sedangkan tenaga yang dihasilkan lebih tinggi dibanding pada Chevrolet Spin, yaitu 88,5 dk pada 4.000 rpm dan torsinya 200 Nm pada 1.750 rpm.

Sekadar intermeso, mesin diesel 2KD-FTV pada Toyota Kijang Innova lawas bertransmisi manual pun menghasilkan angka torsi yang sama 200 Nm. Torsi sama dengan bodi lebih kecil? Hmm, sepertinya menarik…

Mesin diesel commonrail 1.3 L ini diintegrasikan dengan teknologi Idle Stop Start, Torque Assist Function, Brake Energy Regeneration dan Gear Shift Indicator

Lanjut lagi, mesin D13A pada Suzuki Ertiga Diesel hanya memiliki satu jenis transmisi, yaitu manual 5-percepatan. Cukup disayangkan mengingat rasa irit klaim 24,52 km/liter (tes India, rule 115 of CMVR) harus dibayarkan dengan pegalnya kaki kiri menginjak kopling melewati kemacetan Jakarta.

Selain itu, secara keseluruhan bobot mobil pun bertambah secara drastis. Mengintip spesifikasi Suzuki Ertiga di India, varian yang memiliki mesin bensin berbobot sekitar 1.135 kg hingga 1.180 kg, sedangkan yang bermesin diesel dimulai dari 1.235 kg hingga 1.265 kg. Berarti dari segi mesin saja, ada perbedaan berat sekitar 100 kg dibanding mesin bensinnya.

And that’s about it!

Di luar mesin diesel dan bobotnya, spesifikasi dimensi mobil masih sama persis, dengan panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.685 mm dan wheelbase 2.740 mm.

Meski PT SIS sudah menegaskan varian yang akan kedapatan mesin ini hanya New Ertiga GL dan GX, kami berharap layar sentuh 9 inci yang ada di Ertiga Dreza juga ikut dimasukkan untuk membuat interior Ertiga Diesel makin desirable. Duh, desirable! (otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa