Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Utilitas Pelek Beadlock Anti Melejit & Bikin Gagah

Parwata - Minggu, 25 Desember 2016 | 01:27 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bermain adventure off-road, pasti butuh ban ideal yang punya rancang tapak khusus. Itu kenapa ban off-road ada tipe Mud Terrain (M/T).

Bahkan kini, jenis tapaknya pun meningkat, di atas M/T ada tipe ban Extreme Tire. Begitu juga pelek yang jadi perantara traksi ban ke kendaraan.

Komponen ini wajib menahan cengkeraman bibir ban pada pelek saat menerima torsi dari mesin. Sebab, off-road seperti adventure kerap menggunakan tekanan angin rendah.

“Tentu akan mengurangi cengkeraman ban terhadap pelek. Karena itu, pelek beadlock hadir,” Yuri Kusweri, off-roader pengguna Suzuki Vitara yang peleknya sudah pakai beadlock.

Pelek beadlock punya tambahan ring pada bibir luar pelek. Ring tersebut terkunci dengan beberapa baut yang mengelilingi bibir pelek.

“Fungsinya menjaga ban agar tetap mencengkeram bibir pelek, walaupun menggunakan tekanan angin rendah sekalipun,” ujar TB Adhi, pembalap speed off-road yang juga bergelut di adventure off-road.

Sama halnya ban, perkembangan pelek beadlock pun makin pesat. Tidak hanya memperhatikan durabilitas, desainnya pun banyak yang menarik dan bikin tongkrongan jip lebih tampan.

Yuk simak, beberapa pelek beadlock keren berikut ini, siapa tahu ada yang cocok buat jip anda… • Rindra/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Trail-Gear

Trail-Gear

Trail-Gear menghadirkan pelek beadlock dengan nama Creeper Locks, yang tampil mencolok pada ring beadlock. Terbuat dari bahan 6061 T6 billet aluminium solid heavy duty. Tersedia beberapa warna pada ring beadlock, antara lain chrome, gold, hitam, putih, merah, dan biru. Satu buah pelek ini dihargai US $ 370-an atau Rp 5 juta.

No caption
No credit
No caption
Raceline Wheels

Raceline Wheels

Raceline mengeluarkan pelek beadlock yang dirancang khusus balap Baja 1000. Salah satu tipe yang keren adalah RT-232 Monster. Ini bisa jadi pilihan tampil lebih kuat dan gagah. RT-232 Monster punya dua pilihan warna hitam dan silver, yang pasti bikin ‘kaki’ jip makin sangar. Harga satu buahnya berada di kisaran US $ 450-an atau Rp 6 jutaan.

No caption
No credit
No caption
ATX Wheels

ATX Wheels

AX757 Chamber Pro II adalah pelek keluaran ATX yang terbuat dari bahan aluminium A356-T6. Ring beadlock terbuat dari bahan aluminium setebal ¾ inci. Pelek kekar dengan model palang 6 ini berukuran 17 inci dengan lebar 9 inci. Harganya kisaran US $ 500-an atau Rp 6,7 juta untuk satu buah.

No caption
No credit
No caption
KMC Wheels

KMC Wheels

Bentuk KMC XD Series Enduro layaknya pelek untuk balap. Bahannya terbuat dari aluminium begitu juga dengan ring beadlock setebal ¾ inci. Ring beadlock diikat dengan baut sebanyak 35 buah. Satu buah beadlock KMC ini dihargai kisaran US $ 250-an atau Rp 3,3 juta.

No caption
No credit
No caption
Weld Racing

Weld Racing

Weld Racing Rekon B57 merupakan pelek bikinan Kansas, Amerika. Pelek ini dirancang agar tahan menanggung beban ban ukuran 40 inci. Berat yang bisa ditanggung dari pelek adalah 1.179 kilogram. Bahan pelek dilaburi dengan nano-ceramic coating agar tahan segala macam kondisi berat. Harganya cukup merogoh kocek, karena satu buahnya seharga US $ 830-an atau Rp 11 jutaan.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa