Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ICE. In Car Entertaintment BMW X1 sDrive18i 2016, Keep It OEM

Parwata - Jumat, 20 Januari 2017 | 19:45 WIB
No caption
No credit
No caption

Keep It OEM

Jakarta - Sayang, All New BMW X1 belum dilengkapi sound system premium Harman Kardon. Tujuh speaker standarnya pun belum memuaskan Maria, pemilik X1 keluaran 2016 ini. “Output-nya masih kurang mendetail, tidak ada pengaturan staging dan lainnya masih kurang,” tutur Maria.

Saat membawanya Cartens Autosound, wanita tersebut meminta agar khas tampilan asli mobil tetap dipertahankan. Menjaga orisinalitas kabin BMW, pasti harus pakai HU aslinya.

“HU standarnya terintegrasi komputer iDrive, semua sistemnya termasuk multimedia, informasi mesin, check system dan connected drive jadi satu kesatuan, sehingga tidak mungkin diganti,” jelas Eddie Soesanto, punggawa Cartens Autosound.

Mengakalinya, dipasang digital sound processing (DSP) dari Mosconi dengan mem-bypass sinyal audio sebelum masuk ke speaker. “Jalurnya terlebih dahulu masuk ke prosesor, diolah dulu kemudian masuk amplifier, terakhir baru ke speaker dan subwoofer,” tambah Eddie.

Pemasangan prosesor ini bertujuan untuk mengatur time delay berdasarkan posisi duduk, crossover aktif dan level antar-speaker. Sebuah controller kecil dari Mosconi, juga dengan pintar disembunyikan di bawah konsol tengah untuk mengganti 4-preset, agar tetap menjaga aura OEM.

Lanjut ke pemasangan speaker, sang pemilik juga tidak menginginkan pilar A-nya berubah heboh, terlebih ada airbag. “Dudukan tweeter aslinya kami ubah dengan fiber dan dempul, kemudian finishing warna hitam doff agar tetap menyerupai asli,” tambahnya.

Selain estetika, penempatan tweeter dari German Maestro Concept ini di situ juga lebih baik dari segi suara karena lebih dekat dengan midrange. Bahkan ruang bagasi masih terlihat sama dengan standar. Itu karena subwoofer 10 inci, amplifier 4-channel dan monoblock disembunyikan di kompartemen bawah.

Menjaga kabin tetap orisinal? Mission accomplished! • Sano/otomotifnet.com

Data Modifikasi

Head Unit: BMW iDrive
Processor: Mosconi Gladen DSP 4to6
Processor Controller: Mosconi DSP-RC-MINI
Speaker: German Maestro Concept (Front),
BMW OEM (Rear)
Power Amplifier: Eton SR 60.4 4-channel
Monoblock Amplifier: Eton SR 500.1 1-channel
Subwoofer: Morel Primo 104 10 Inch
Cables: Monster Audio

Workshop: Cartens Autosound, 021-7279 8998

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa