Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perodua Axia, Kembaran Agya-Ayla di Malaysia Kini Dilengkapi Mesin VVT-i

Fransiscus Rosano - Selasa, 17 Januari 2017 | 16:48 WIB
No caption
No credit
No caption

Malaysia - Perodua Axia atau yang lebih dikenal sebagai Agya/Ayla-nya masyarakat Malaysia segera mendapat penyegaran. Di luar wajah baru dan beberapa tambahan fitur, yang justru menarik perhatian kami adalah apa yang ada di bawah kap mesin.

Mesin 1KR-VE Perodua Axia seperti yang digunakan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla akhirnya kedapatan teknologi VVT-i?

Terima kasih untuk Paultan.org yang mendapat foto-foto segar Perodua Axia facelift sedang bertengger manis di sebuah diler di Malaysia dengan brosur yang sudah tersedia, perubahan yang menjangkau mobil termurah di Malaysia tersebut kini terungkap jelas, termasuk mesin 1,0 liter yang kini dengan VVT-i.

Tertulis di brosur tersebut, mesin yang kini digunakan Perodua Axia masih dengan kode 1KR-VE, namun dilengkapi DOHC, EFI (Electronic Fuel Injection) dan yang baru, VVT-i (Variable Valve Timing Intelligent).

Mesin 1KR-VE yang kedapatan VVT-i mengalami kenaikan tenaga 1 dk dan torsi 1 dk

Kapasitas mesin tetap pada 998 cc dengan jumlah 3-silinder segaris, namun tenaga naik 1 dk menjadi 67 dk di 6.000 rpm dan torsi pun naik 1 Nm menjadi 91 Nm di 4.400 rpm. Seperti sebelumnya, mesin ini dihubungkan ke kedua roda depan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Di luar mesin yang kini kedapatan VVT-i, Perodua Axia facelift pun menerima penyegaran eksterior seperti gril depan dan lampu proyektor baru, bumper depan baru, handel pintu dengan krom, instrument cluster baru serta sistem hiburan kabin yang disegarkan.

Seperti yang sebelumnya dirumorkan, Toyota Agya pun akan mendapat penyegaran di dalam negeri tahun ini dengan beberapa ubahan yang diekspektasi seperti penyegaran tampang, interior serta fitur safety seperti ABS. Dengan munculnya perkembangan mesin 1KR-VE seperti yang dipakai Perodua Axia facelift di atas, jelas Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift pun akan mengadopsi teknologi VVT-i ketika disegarkan nanti.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa