Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Nissan Juke RX 2011, Niatnya Cuma Ceperin

Parwata - Sabtu, 28 Januari 2017 | 14:36 WIB

Bodi tengah ke atas dimensinya standar, tengah ke bawahnya yang dibuat melar

Jakarta - Informasi dari media sosial, membuat Muhammad Awad ingin mengunjungi workshop Point888 milik Viby Launru. Pria pemilik Nissan Juke RX keluaran 2011 yang tinggal di kawasan Waru, Sidoarjo itu ingin kendaraannya diceperin.

Beberapa waktu berselang, akhirnya Awad punya kesempatan untuk berkunjung ke workshop yang adanya di Jl. Raya Guning Anyar Emas, Surabaya.

Niatannya masih sama, yakni diceperin dengan eksekusi penggantian suspensi standar dengan model coilover. Diskusi Awad soal modifikasi yang diinginkan dengan owner workshop Point 888 itu, malah menyebar ke mana-mana. Malah, kesimpulan akhir dari diskusi itu, jauh berbeda dengan niatan Awad waktu kali pertama datang.

 “Order-nya merembet sampai dengan urusan mengubah eksterior dan interior. Malah enggak jadi ganti suspensi coilover,” jelas Viby.

Setelah didapat kata sepakat, Awad tutup mata dengan ubahan yang dilakukan. Sementara Viby menerapkan konsep sporty elegan. Jadi, bagaimana hasil akhirnya? Check this out bro. * (oct/otomotifnet.com)

Eksterior

Langsung terlihat bahwa bodi Juke lebih melar dari standarnya. Tapi itu juga hanya di bagian bodi tengah ke bawah, atasnya tetap seperti keluar dari dealer alias standar.

“Bagian bodi depannya full ganti dengan barang custom dari Point 888, melarnya sekitar 4 cm. Sedangkan belakangnya, potong setengah ke bawah dan dibuat melar 6 cm,” jelas Viby yang pernah juga punya bengkel di Jakarta.

Atap Juke enggak dibiarkan terlihat standar. Bagian ini dipotong untuk penempatan moonroof copotan dari kendaraan lain. Seperti bagian depan, bodi bagian belakang termasuk stop lamp di-custom.
 
Air Suspension

Seperti sudah diketahui, awlanya Awad ingin Jukenya ceper dengan pasang coilover. Tapi hal itu enggak terjadi dan malah berubah jadi pasang air suspension.

“Sebelum sisi lain digarap, bagian suspensi ini yang jadi fokus awal pengerjaan,” jelas Viby. Air sus yang dipasang Viby merupakan produk yang dipesannya langsung dari pabrik di Amerika (KSport). Untuk yang satu ini, inginnya tinggal pasang.

“Ternyata model Super Pro 4 Channel enggak ada yang buat Juke. Terpaksa harus order khusus dan mau enggak mau tunggu 2 minggu, serta harga yang sedikit lebih mahal,” terangnya.
    
Kaki-kaki

Pelek dengan garis tengah 19 inci plus lebar 10 inci depan dan 11 inci belakang yang dipasangkan. Ada cerita yang bikin geleng kepala, sebelum akhirnya dipasang pelek Work Durandal.

“Sempat ganti 2 kali sebelum menemukan model yang pas. Penggantian itu, bukan karena yang punya Juke enggak suka. Tapi karena saya merasa kurang sreg melihatnya,” aku pria berbadan gempal itu.

Penggunaan pelek lebar ini, dipadukan dengan pemasangan big brake kit 8 pot dengan diameter cakram 358 mm bagian depan. Sedangkan dibelakang, yang sebelumnya teromol diubah menjadi disc brake.
 
Interior

Ini bagian yang dianggap elegan oleh Viby, sementara ubahan di luar terlihat sporty. Tapi setelah dilihat dengan seksama, ternyata enggak elegan-elegan amat. Maksudnya, tetap masih ada kesan sporty yang dimasukkan ke kabin. Seperti desain jok depan custom dan ditambah arm rest menyatu.

Bagian belakang, enggak lagi bisa diisi dengan 3 orang penumpang. Pasalnya, bagian ini di-custom sedemikian rupa agar hanya bisa muat dengan 2 orang.

“Semuanya kita custom dari bahan fiberglass. Bagian tengahnya enggak dibiarkan kosong, di-custom agar bisa dipasang dudukan console arm rest, gadget holder dan lain-lain,” jelas Viby.
 
Cat

Ada 4 tahapan yang dilakukan agar mendapatkan kelir putih mutiara yang dibilang istimewa ini. Pertama tentunya mesti mmengerok cat asli dan kemudian berlanjut ke cat dasar.

Butuh waktu 1 hari sebelum pengerjaan selanjutnya dilakukan. Setelah dirasa cukup pada bagian cat dasar, diteruskan dengan mengguyur bodi Juke dengan cat kelir putih mutiara.

Sekali lagi ditunggu sampai kering, baru kemudian ditutup dengan Xiralic. Pengerjaan paling akhir adalah 2 kali guyur pernis.
 
Bagasi

Desain bagasi Juke yang sempit dan banyaknya perangkat yang harus ditempatkan di situ, membuat Viby harus putar otak. Mengingat keterbatasan tempat dan waktu, akhirnya ban cadangan jadi korban.  

“Bayangkan saja, audio system plus kompresor air sus harus ada di bagasi semua. Belum lagi deadline tinggal 2 minggu,” ucap Viby.

Data Modifikasi

Pelek Work Durandal 19 inci, Air suspension KSport Super Pro 4 Channel, Big brake kit Altech 8 Pot 358 mm Depan, Belakang Disc brake Custom, Body kit Custom by Point888, Wide body 6-4 cm, Ducktail Custom, Headlight Custom, Stop

lamp Custom Juke Revolt, LED Bumper Custom, Moonroof Mercedez-Benz, Jok Custom, Dasbor Custom, Door trim Custom, Repaint Pilar (A, B, C dan D), Head unit Alpine S20E, Tweeter Cubig, Midrange Cello, Midbass Cubig, Power 4 Channel (HOT dan Cello), Power Monoblock HDT, Subwoofer Hyperion

Plus: Custom jok belakang dari 3 jadi 2 penumpang, lebih ekslusif
Minus: Audio system plus kompresor, bikin enggak ada ban serep  

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa