Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How To Buy Yamaha RX-King 2001, Siapkan Dana Rp 9 Jutaan

Parwata - Senin, 30 Januari 2017 | 22:00 WIB

Jakarta - Jika Anda penggemar motor 2 tak, tentu tidak asing dengan Yamaha RX-King. Motor berkapasitas 135 cc ini terkenal dengan bodi ramping dan akselerasi yang gesit, sampai-sampai diberi julukan motor 'jambret'.

Nah, walaupun sudah hampir 8 tahun tidak diproduksi, motor sport tulen dari pabrikan garpu tala ini tetap menjadi salah satu motor yang dicari unit bekasnya.

Khususnya oleh penikmat dan kolektor motor 2 tak. Berkat hal tersebut kini harga jual Yamaha RX-King masih cukup tinggi, apalagi jika kondisinya masih mulus.

Tenang, untuk mengakali hal tersebut, dalam rubrik How To Buy kali ini, OTOBURSA merekomendasikan Anda untuk mencari unit bekas keluaran tahun tua, contohnya seperti unit produksi tahun 2001 yang terpampang di foto.

Saat ini dengan budget sekitar Rp 7 - 9 juta, Anda bisa memboyong keluaran tahun tersebut dengan kondisi yang layak. Tapi tentu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Seperti kondisi mesin dan rangka. Menurut Didi, punggawa bengkel D2M yang berlokasi di Kalimalang,  "Kelemahan RX-King keluaran tahun lama ada di piston, ring piston, dan  pin piston. Kalau pemilik sebelumnya tidak apik merawat mesin, mungkin saja tiga komponen ini sudah aus kerena faktor umur." Didi menyarankan agar waspada jika menemukan RX-King yang suara mesinnya kasar.

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli RX-King bekas adalah kondisi tangki tidak berkarat dan penyok, serta rangka lurus. Pastikan juga apa saja kelengkapan standar yang masih menempel di motor.

Nilai plus juga bisa Anda dapatkan jika unit bekas yang Anda temui dimodifikasi dengan komponen-komponen RX-King tahun muda seperti lampu depan, spidometer, jok, dan seterusnya.

Hal tersebut dapat membantu Anda menjaga harga jual motor berkat faktor orisinalitas atau jika ingin melakukan restorasi ke kondisi awalnya. Berminat? (Bob / Otomotifnet.com)

Kelebihan :
1. Mesin kencang
2. Bobot ringan
3. Perawatan mudah

Kekurangan :
1. Boros BBM
2. Rem kurang pakem
3. Umumnya, komponen banyak yang tidak orisinal

Spesifikasi Singkat
Kapasitas Mesin: 135 cc
Konfigurasi Mesin: 1 silinder
Transmisi: MT – 5 Percepatan

Menakar Biaya Servis
Baru mengangkat unit seken Yamaha RX-King? Daripada mengira-ngira PR apa saja yang harus dibenahi, mending langsung saja bawa ke bengkel spesialis untuk melakukan pengecekan. Salah satu bengkel yang direkomendasikan adalah D2M yang sudah gape urusan mesin dua tak.

Harganya juga bersahabat, di bengkel milik Didi ini Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 40 ribu untuk servis ringan dan Rp 100 ribu untuk servis besar Yamaha RX-King. Tentu harga tersebut belum termasuk penggantian komponen.

Harga Komponen
Blok mesin : Rp 864.000
Piston : Rp 55.000
Ring piston : Rp 82.000
Membran : Rp 853.000
Karburator set : Rp 666.000
Sumber: D2M, Jl. Kapin no 1. Kalimalang, Jaktim

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa