Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ducati Siap Buat Superbike Baru Bermesin V4 Pengganti Panigale

Jumat, 27 Januari 2017 | 17:24 WIB

Italia - Ducati berencana membuat superbike baru dengan mesin berkonfigurasi V4. Model baru ini nantinya diproyeksikan sebagai pengganti tipe Panigale yang telah memasuki usia 6 tahun.

"Pengembangan mesin kami telah menunjukkan performa luar biasa di MotoGP. Kami memiliki mesin (V4) yang sangat handal, ringan, kompak, dan banyak memiliki teknologi menarik. Maka itu, kami serius berpikir untuk memperkenalkan mesin ini kepada konsumen umum," terang Claudio Domenicli, CEO Ducati, seperti diwartakan Visordown, Senin (23/1).

Lebih lanjut, pada presentasi tim MotoGP Ducati 2017, Domenicali menegaskan jika pengembangan superbike baru ini semakin mendekati kenyataan. "Motor ini akan kami posisikan sebagai high-end sportbike, bukan motor eksotis seperti Desmosedici. Kita belum bisa berkata lebih banyak kapan motor ini akan diproduksi, tapi itu semakin dekat," tambahnya.

Meski belum ada kepastian kapan superbike anyar ini diperkenalkan ke publik, namun Paulo Ciabatti, Sporting Director Ducati Corse mengisyaratkan jika motor ini bakal diluncurkan pada 2019. "Tim Ducati World Superbike akan terus berpacu dengan Panigale pada tahun 2017 dan 2018," ujar Ciabatti, masih dikutip dari sumber yang sama.

Sekadar informasi, Ducati Panigale bersenjatakan mesin 1,198 cc, 4-valve, desmodromic 90 derajat, dengan konfigurasi L-Twin, dan transmisi 6-percepatan. Superbike yang diperkenalkan pertama kali Milan Motorcycle Show 2011 ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 171,8 dk dan torsi puncak 117,1 Nm.

Oiya, Ducati sendiri sebenarnya sudah memiliki motor massal bermesin V4, yakni Ducati Desmosedici RR MotoGP Replica yang kali pertama diperkenalkan pada 2006 silam. Jika nantinya Panigale bermesin V4 benar-benar diproduksi, tentunya semakin memperbanyak line-up model high-end Ducati ya. (Otomotifnet.com)

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa