Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pesta Otomotif 1992, Cikal Bakal Otobursa Tumplek Blek

erie - Kamis, 30 Maret 2017 | 21:08 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta- OTOBURSA Tumplek Blek 2017  akan digelar pada tanggal 1-2 April akhir pekan ini. Lokasi yang terpilih adalah Parkir Timur Senayan Jakpus.

Berada di area yang mudah dijangkau dari titik manapun.

Berada di lokasi yang mudah dijangkau jadi identitas Otobursa dari tahun ke tahun. Hal ini tak terlepas dari tradisi yang sama sejak tahun 1992, saat itu Otobursa masih bernama Pesta Otomotif.

Ya, tanggal 1-9 Agustus tahun 1992 di area Parkir Timur Senayan Jakpus dihelat Pesta Otomotif. Entah karena pertama kali atau memang unik, gelaran seminggu lebih itu nyata bertaburan berbagai kendaraan yang sebelumnya seperti tabu buat didekati orang umum.

Barisan moge spek CBU, mobil klasik, dan sejumlah mobil modifikasi tampil memikat.

Esensi perhelatan yang masih dipertahankan sampai kini adalah mendekatkan dunia otomotif dan berbagai macam pernak-perniknya ke dalam keseharian. Tak sekadar dalam konteks tunggangan harian tapi juga bisa untuk ber-lifestyle.   

Pesta Otomotif kemudian tidak hanya dihelat di Jakarta. Kota-kota lain seperti Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, hingga Makasar rutin disambangi sirkus Otomotif hingga tahun 1995.

Jangan lupa, maskot Otobursa yaitu Gajah Monster alias Gamon muncul perdana menggilas mobil di salah satu seri Pesta Otomotif yaitu tahun 1993 di Bandung. Waktu itu bernama Gajah Putih, sebuah GMC Blazer bermesin V8 berkapasitas 5.700 cc. 

No caption
No credit
No caption
Pesta Otomotif 1992 masih dominan pameran kendaraan
No caption
No credit
No caption
Gajah Putih 'nyangkut' saat gilas mobil di Pesta Otomotif '94 di Bali

Pasca Krismon Menjelma Jadi Otobursa

Krisis moneter yang menghantam Indonesia di tahun 1997 nyata enggak menggoyahkan tekad untuk tetap menghadirkan kegiatan berotomotif yang spontan namun massal.

Pada tanggal 9-10 Mei tahun 1998, gelaran 'perdana' Otobursa dilangsungkan di kawasan Parkir Timur Senayan yang berlangsung hingga tahun 2016.

Menjembatani kebutuhan akan suku cadang dan berbagai peranti otomotif yang harganya terjangkau jadi misi Otobursa tahun 1998. Alhasil selain pameran mobil maupun motor, hadir puluhan pebengkel yang melepas stok barangnya di samping ada juga pedagang suku cadang yang ikutan melego persediaan komponen.

No caption
No credit
No caption
Istilah "Tumplek Blek" muncul sejak Otobursa 1998
No caption
No credit
No caption
Lapak mulai hadir sejak Otobursa tahun 1998
No caption
No credit
No caption
Pameran tunggangan lawas sekalian bisa jual beli jadi identitas Otobursa sejak awal kehadirannya
OTOBURSA Tumplek Blek 2017

      

Editor : erie

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa