Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Lupa, 4 Alasan Harus Tetap Pakai Radiator Coolant

billy - Senin, 6 Februari 2017 | 15:23 WIB
Prestone-Coolant.
Bill
Prestone-Coolant.

Jakarta - Mobil masa kini keluar dari pabrik radiatornya sudah pakai coolant. Nah bagi yang sudah waktunya ganti air radiator, sudah 40 ribu km atau kelipatan, atau baru kuras radiator, ini alasan sebaiknya radiator mobil tetap pakai coolant.

1. Murah
Siapa yang bilang coolant mahal buat mobil Kesayangan? Sudah bukan barang mewah harga rata-rata cuma Rp 70 ribu/galon. "Kalau terlalu murah harus curiga terkait dengan formula coolant," bisik Suhendra Hanafiah, Promotion Manager PT Laris Chandra sebagai sole distributor produk Prestone Radiator Coolant di Indonesia.

Maksudnya komposisi air dan chemical coolant lebih banyak airnya. Minimal terkandung 30% persen coolant agar bisa berfungsi baik.

2. Warnanya Keren
Hayo ngaku, pasti ada yang terpikat dengan warna chemical coolant kan? Ada yang merah, hingga hijau. Nah warna ini selain strategi identitas dan marketing juga sebagai tanda jika ada kebocoran.

Misalnya kebocoran di klem radiator, maka area tersebut pasti basah dengan cairan berwarna coolant itu kan. Nah kalau diisi air ledeng pasti susah juga mencirikannya yah.

3. Lebih Tahan Panas
Iya benar, seperti diklaim engineer pabrik mobil atau produsen coolant, aplikasi chemical coolant sangat mendukung kinerja mesin yang kian berperforma tinggi. Ruang mesin kian sesak dan radiator pun berdesakan.

Untungnya coolant lebih tahan panas bahkan baru pada 128 derajat Celcius baru mendidih. Bandingkan dengan air yang mendidih pada 100 derajat Celcius

4. Antikarat
Coba deh buka tutup radiator saat mesin dingin, sudah jarang terlihat ya karatan di dalam radiator. Sebab chemical sudah mengandung antikarat, formula memelihara elastis karet, sil pompa air hingga tingkat keasaman/PH value netral.

"Aditifnya bisa 30% berbanding destilated water yang 70%," tambah Hendra. * (Otomotifnet.com)

Prestone-Coolant.
Bill
Prestone-Coolant.
Suhendra Hanafiah, chemical dalam coolant sudah mengandung antikarat, makanya radiator jauh lebih bersih

.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa