Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banderol Proton Iriz di Indonesia Lebih Murah daripada Honda Brio?

Octa Saputra - Jumat, 10 Februari 2017 | 12:11 WIB

Sentul – Meski baru saja diperkenalkan resmi di Indonesia, Proton belum mau buka mulut soal harga pasti dari hatchback anyarnya tersebut.

Dengar kabar punya kabar, banderol Proton Iriz di Indonesia bisa lebih murah dari Honda Brio, yang berkisar di Rp 165 jutaan. Bila benar, tentu yang dimaksud adalah Honda Brio RS, yang kini punya harga Rp 178 juta untuk transmisi CVT. Bahkan terpaut sangat dekat dengan Daihatsu Sirion FMC M/T yang dijual seharga Rp 163 jutaan.

Berdalih karena bukan kewenangan beliau untuk berbicara soal harga, maka angka yang bakal jadi banderol Proton Iriz masih perkiraan.

“Pastinya dibawah Rp 200 juta,” ucap Shahidin Sahamid, Regional Head ASEAN International Sales Division Perusahaan Otomobil Nasional (Proton) Sdn Bhd.

Tapi kalau mengintip website resmi Proton, Proton Iriz 1.3 L Standard yang paling mahal (kelir solid) harganya RM 41.970. Kalau ini dikonversikan ke Rupiah dengan nilai tukar Rp 2.992/Ringgit Malaysia, maka harganya dikisaran Rp 125,6 jutaan.

Dengan kapasitas mesin yang sama dan menggunakan transmisi CVT dan yang paling mahal, dijual dengan harga RM 45.900. Dengan kurs yang sama, maka jadinya Rp 137,3 juta. Dengan harga Malaysia tersebut, Proton Iriz yang transmisi CVT hanya bisa dapat Honda Brio Satya E M/T yang menggunakan mesin 1.2L.

“Proton Iriz posisinya bukan kendaraan LCGC. Melainkan citycar buat mereka yang hendak pindah dari LCGC,” papar pria ramah tersebut.

Bagaimana kalau Proton Iriz dibanderol Rp 165 juta?. Maka dengan Brio RS CVT yang Rp 178 juta selisihnya lebih murah Rp 13 juta dan lebih mahal Rp 2 jutaan dari Daihatsu Sirion tipe FMC M/T.

Editor : Octa Saputra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa