Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Uji Ketangguhan Produk Bosch, Aman Terjaga 50 Jam Nonstop

Advertorial - Jumat, 24 Februari 2017 | 10:19 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Tak hanya menjadi penyedia layanan dan teknologi otomotif global terkemuka, Bosch terus berkomitmen meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menghadirkan solusi dan inovasi terdepan.

Penasaran terhadap keunggulan engineering khas Jerman, OTOMOTIF melakukan uji jangka panjang dari lima produk Bosch, yaitu aki Bosch Mega Power, lampu Bosch Gigalight Plus 120, wiper Bosch Clear Advantage, busi Bosch Super 4 dan klakson Bosch Digital Fanfare H3F.

Lalu, bagaimana Otomotifnet menguji kelima produk tersebut? Perjalanan melewati rute-rute menantang yang dilakukan selama 50 jam nonstop dijamin dapat menguji ketangguhan serta kebolehan produk-produk Bosch tersebut. Maka, kami pasangkan aki, lampu, wiper, busi dan klakson dari Bosch ke unit Toyota Avanza keluaran 2014 untuk memulai perjalanan.

Dari semua produk di atas, tak satupun dapat menunjukkan keunggulannya bila produk yang satu ini absen.Ya, the heart of car electricity, aki Bosch.

Dengan pengalaman Bosch hampir satu abad berkiprah di industri aki, kualitas baterai Bosch Mega Power berbasis teknologi Calcium-Calcium ini tidak perlu diragukan

No caption
No credit
No caption
Wadah termoplastik, timah grid pada isi kotak yang mengurangi korosi, serta grid design membuat ketahanan aki terjamin

Sebelum memulai perjalanan, mobil terus kami nyalakan di kawasan kantor Otomotifnet di Kebon Jeruk, Jakarta Selatan, sambil disirami air secara konstan dalam waktu 50 jam untuk mengetes wiper. Selama waktu itu pun, teknologi yang ditawarkan dari aki Bosch di segmen SM ini menghilangkan kekhawatiran akan mobil yang terus menyala.

Adanya arrestor api yang mencegah ledakan dari percikan api, kemudian polyethylene melapisi pelat negatif untuk mencegah short circuit dan terjadinya overcharge. Tak perlu takut terjadi sesuatu meski dibiarkan selama dua hari lebih, karena saluran listrik sudah dipastikan aman.

Saat perjalanan dimulai dari Jakarta hingga Bogor, tegangan aki selalu diukur menggunakan multi-tester di dalam mobil. Bahkan dengan AC, head unit, wiper, dan akselerasi yang kuat sekali pun, tegangan tidak pernah turun dari 14 V, menunjukkan penghantaran listrik yang sangat stabil.

No caption
No credit
No caption
Tegangan yang stabil berkat Lug Central, aliran arus terus maksimal dan memiliki daya cranking yang tinggi

Deselerasi banyak terjadi saat menuruni Puncak ke arah Cibodas. Meski demikian angka batas bawah tertahan di 13,8 V ketika alternator tidak dituntut untuk bekerja berat.

Perjalanan kembali melalui rute berat yaitu jalur berliku dengan kontur keriting menuju Tebing Keraton, Bandung.Aki Bosch Mega Power memiliki desain labirin yang menghadirkan tata letak dual cover sehingga tidak perlu takut kehabisan cairan saat mobil terguncang ekstrem, karena adanya perlindungan anti tumpah.

Editor : Advertorial

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa