Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Japan Camping Car Show, City Car Disulap Jadi Mobil Kemping

Fransiscus Rosano - Sabtu, 11 Februari 2017 | 14:26 WIB
No caption
No credit
No caption

Jepang - Kalau Tokyo Auto Salon adalah ajang pamer mobil modifikasi dan parts aftermarket, Japan Camping Car Show menampilkan berbagai kendaraan yang diubah menjadi mobil kemping.

Japan Camping Car Show diadakan di Makuhari Messe, Chiba 2-5 Februari lalu. Sahabat kami, Arhans Chairul mengirimkan beberapa foto saat bersama keluarganya mengunjungi event ini. 

Event ini memamerkan kreativitas desainer Jepang dalam mengubah kabin kendaraan yang sempit menjadi seefektif dan senyaman mungkin untuk menjadi mobil RV atau mobil kemping. RV adalah singkatan dari recreational vehicle, yang artinya kendaraan yang dilengkapi berbagai perlengkapan rumah seperti kasur, lemari dan peralatan masak seperti yang ada di rumah.

“Memang yang bagus sebenarnya RV bikinan amerika karena luas dan fasilitasnya banyak. Tetapi yang menarik, RV versi Jepang yang basic-nya seperti Isuzu Elf atau kei truck seperti Hi Max di indonesia,” cerita Dokter Arhans.

Untuk kei car, tidak dibuatkan kamar mandi, namun masih ada living room, dapur dan tempat tidur

Menurutnya lagi, ciri khas desainer Jepang, mereka bisa memaksimalkan space yang sempit. Kalau yang medium seperti Isuzu Elf, kelengkapannya cukup memadai seperti adanya tempat tidur, wc, living room, peralatan dapur seperti kompor, hanya dimensinya dibuat kecil.

“Untuk postur orang Asia cukup rasanya. Tapi untuk orang bule sepertinya terlalu kecil,” ceritanya lagi. Nah, kalau basicnya kei truck, fasilitasnya diminimkan, seperti wc dan kamar mandi tidak ada. Tapi living room, tempat tidur, dapur tetap ada walaupun dimensinya diperkecil.

Beberapa mobil seperti Toyota Lite Ace (Daihatsu Gran Max), Suzuki Carry, Daihatsu Hi Max diubah jadi RV.

“Analoginya mirip konsep hotel kapsul yg ada di Jepang,” tutup Arhans. Bagaimana desainer Jepang berkreasi dalam kabin sempit Kei car? Simak foto-foto kiriman Dokter Arhans ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa