Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harman Suguhkan Wireless Apple CarPlay di BMW 5 Series

Fransiscus Rosano - Sabtu, 25 Februari 2017 | 09:14 WIB

Stamford - Bukan rahasia lagi bila Harman, perusahaan teknologi raksasa yang baru saja diakuisisi Samsung, menjadi pemain mayor dalam teknologi connected cars dan in car entertainment. Selain membuat mayoritas sound system premium di dalam mobil, kini perusahaan dari Amerika Serikat tersebut kembali membuat terobosan teknologi.

Harman mengumumkan berhasilnya implementasi Apple CarPlay yang dikoneksikan tanpa kabel alias wireless. Hal ini jadi yang pertama di industri OEM connected cars.

“Harman terus memberikan pilihan terhadap konsumen untuk integrasi tak terlihat dari berbagai ekosistem mobile ke dalam platform otomotif kita yang terintegrasi. Baik CarPlay, Android Auto atau solusi mode proyeksi yang lain, Harman merupakan penguasa industri yang menjadi pionir untuk aplikasi aksesori ini,” terang Phil Eyler, executive vice president and president, Connected Car, Harman.

Dikatakan, solusi wireless Apple CarPlay yang disuguhkan ini kini sudah digunakan di pasaran untuk sebuah pabrikan mewah dari Jerman. Dari gambar di atas, tentu bisa kami katakan BMW 5 Series G30 jadi yang pertama menggunakan sistem ini.

Dengan sistem dari Harman, cukup menggunakan Bluetooth dan Wi-Fi dari kendaraan dan smartphone untuk mengkoneksikan smartphone, sehingga pengguna tak kerepotan menggunakan karena adanya kabel saat ingin menggunakan ekosistem HMI (Human Machine Interface) dari smartphone ke kendaraan ini.

Bluetooth digunakan untuk mengkoneksikan iPhone ke sistem kendaraan, sedangkan transfer data dilakukan via Wi-Fi. Tentunya seperti menggunakan CarPlay via kabel USB, semua sistem juga masih bekerja secara normal di metode wireless ini seperti fungsi teleponi, memutar musik, voice assistant hingga navigasi.

Sementara di luar pasar sistem hiburan kabin OEM seperti yang disediakan Harman, Alpine jadi yang pertama menerapkan wireless CarPlay dengan mengenalkan iLX-107 di CES 2017 kemarin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa