Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Injector & Carbon Cleaner Motor Yang Tinggal Tuang, Gampang Pakainya!

Parwata - Minggu, 5 Maret 2017 | 13:04 WIB

Jakarta - Jika injektor kotor, semprotannya enggak akan sempurna. “Kotoran di lubang injektor akan menghalangi bensin yang lewat, makanya jadi susah langsam dan akselerasinya juga tersendat,” buka Sudirjo, kepala mekanik Anjany Racing.

Menariknya, kini banyak pilihan yang tidak mengharuskan membersihkan injektor dan ruang bakar dikerjakan di bengkel. Bisa dilakukan sendiri karena di pasaran sudah tersedia injector & carbon cleaner yang tinggal tuang.

Yup, cairan pembersih ini dituang ke tangki bensin. Langsung bekerja ketika masuk ke saluran bahan bakar termasuk injektor. Asyiknya, ruang bakar seperti klep dan piston juga ikut jadi bersih.

“Ya, kita menyiapkan injector cleaner khusus untuk pengguna motor yang ingin membersihkan sendiri kala santai di rumah,” buka Novianto Kurniawan, Supervisor Marketing Plan & Promotion Division Spareparts PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

“Ideal dibersihkan pakai cairan ini setiap 3.000 km,” sambung Opi panggilan akrab pria ramah ini. Hal yang sama diamini Suhendra, Promotion Manager PT Laris Chandra selaku Distributor resmi STP di Indonesia.

“Idealnya sekitar 3.000 km pakai STP Carbon Cleaner. Cairan ini mampu menjaga injektor terbebas dari varnish dan karbon yang menghambat sirkulasi bensinnya. Efeknya, tarikan motor jadi lebih enteng dan otomatis jadi lebih hemat bensin,” bebernya.

Karena didesain untuk sepeda motor, kemasan injector & carbon cleaner ini sudah didesain mini. Berkapasitas 75 ml tinggal dituang saja ke dalam tangki yang kapasitasnya 3 sampai 5 liter bahan bakar, setelah itu motor dipakai seperti biasa.

Bisa Pakai Punya Mobil?

Sebenarnya, cairan injector & carbon cleaner untuk mobil jauh lebih beragam mereknya, bisa dipakai juga buat motor? “  “Bisa saja, asalkan pakai yang untuk mesin bensin, bukan diesel.

Untuk mencampurnya, volumenya mesti dikurangi,” jelas David Tanjung, Manager Toda di bilangan Radio Dalam, Jaksel. “Jika satu botol injector cleaner yang berisi 473 ml ini bisa digunakan untuk 40 liter bensin, jadi cukup digunakan 118 ml untuk 10 liter bensin di tangki motor sport,” sambungnya lagi.

Gampang kan! (Sigit / Otomotifnet.com)

Yamaha Carbon cleaner 75 ml : Rp 27 ribu
STP Carbon Cleaner 60 ml : RP 30 ribu
Max44 473 ml : Rp 118 ribu
Redline 443 ml : Rp 148 ribu
Top 1 Power booster 500 ml : RP 82 ribu

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa