Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Juara Lomba Desain Mobil Pedesaan Dijuluki Mobil Ular, Ini Penyebabnya

Harryt MR - Sabtu, 11 Maret 2017 | 21:09 WIB

Bali - Desain mock-up mobil pedesaan karya tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) dinobatkan jadi pemenang. Dan ternyata, mendapat julukan mobil ular. Apa sebabnya?

"Karena kalau dipedesaan kalau disawah itu kadang ada ular dan kita terapkan di kap mobil depan," buka Muhammad Sukma Wirayudha perwakilan dari tim ITS. Yup, kalau diperhatikan, desainnya memang mirip ular ya?

"Meski begitu, mobil ini multiguna bisa untuk pertanian atau perikanan," sambung mahasiswa Teknik Industri ITS semester akhir ini.

Menurutnya, karyanya ini memenuhi kriteria penilaian dewan juri yang menjadi kunci kemenangan. “Karya kami merupakan gabungan dua alat, yakni transportasi dan alat pertanian maupun perikanan,” sebut Wirayudha.

Sehingga menurutnya bisa multiguna memenuhi utilitas masyarakat pedesaan. “Sistem knock down pada bagian bak-nya memudahkan di bongkar pasang, sehingga lebih portable,” lanjutnya.

Mock-up mobil pedesaan bernama resmi Waprodes-D, singkatan dari Wahana Pro Desa-Diesel ini juga mengusung konfigurasi mesin di belakang. Artinya berpenggerak roda belakang.

Mesinnya pakai merek Kubota, dengan kapasitas 900 cc diesel (pembulatan dari 898 cc). Sedangkan tenaganya diklaim mampu menyemburkan 20 tenaga kuda pada kitiran 3.000 rpm. Spesifikasi lengkapnya klik di sini

Atas prestasinya, Tim ITS berhak membawa pulang tropi serta uang tunai senilai Rp 25 juta. "Selamat untuk ITS semoga dari hal ini bangsa Indonesia mampu meng-create produk buatan anak bangsa," papar I Made Dana Tangkas, Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI). (Otomotifnet.com)

Editor : Harryt MR

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa