Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CMX500 Rebel Pakai Mesin CBR500R, Tapi Ada Bedanya Nih

Dimas Pradopo - Sabtu, 18 Maret 2017 | 14:27 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Honda CMX500 Rebel yang dirilis hari ini (17/3) menggunakan basis mesin yang sama dengan CBR500R asal Thailand. Meski begitu, enggak mentah-mentah asal pasang, tetap ada perbedaan.

Diungkapkan Sarwono Edhi, perbedaan pada sektor mesin terkait karakter yang berbeda pada kedua motor ini. CMX500 Rebel memberikan kenikmatan di mid-low rpm, sedang CBR500R buat yang suka kecepatan.

"Untuk itu noken as-nya berbeda durasi. Karena noken as berbeda maka yang lain mengikuti," tutur pria santun ini.

Edhi merinci jika ECU atau electronic control unit-nya tentu berbeda, suplai bahan bakar dan timing pengapiannya juga pasti beda. "Throttle body sama tapi air box beda," imbuhnya.

Untuk basis mesin yang lain dipastikan sama saja. Kapasitas mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder, bore dan stroke 67mm x 66,8 mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm.

 

Sudah mengusung teknologi PGM-FI fuel injection dengan torsi maksimum 45,8 Nm @ 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 47,2 dk @ 8.500rpm. Saluran pembuangan 2-1 mereduksi gas buang dengan desain ‘shotgunstyle.

Mesin motor ini juga menggunakan silent (SV Chain) cam chain yang memiliki pin dengan permukaan dilapisi Vanadium, mengurangi gesekan dengan peningkatan perlindungan terhadap debu.

Sedang desain dan rangkanya tentu saja benar-benar beda konsep. CMX500 Rebel bergaya American Style dengan low seat dan posisi riding yang santai.

Spesifikasi lengkapnya klik di sini (Otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa