Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Buka-Tutup Pintu Bagasi Mitsubishi Pajero Sport Otomatis Kayak Toyota All New Fortuner? Pasang Aja Power Back Door Aftermarket, Gak Sampai Rp 10 Juta

otomotifnet.com - Kamis, 29 Juni 2017 | 22:06 WIB

Jakarta - Beberapa mobil keluaran terbaru memiliki fitur power back door atau pintu bagasi elektrik sebagai kelengkapan standarnya. Fitur ini biasa tersemat di model SUV atau hatchback trim teratas di kelasnya.

Beberapa yang terpasang fitur ini adalah Toyota Fortuner, Nissan X-Trail dan BMW 218i Active Tourer. 

Namun, bagi yang belum memilikinya dan ingin pasang, kini ada paket power back door aftermarket di pasaran.

Dharma Audio di Gunung Sahari, Jakut menawarkannya dengan nama Power Tail Gate. Ada juga, gerai aksesori SUV, Banteng Mas di Mega Glodok Kemayoran, Jakpus punya nama Power Back Door.  

Tetap Safety 

“Saat ini yang sudah ready stock, untuk beberapa SUV seperti Land Cruiser, Mitsubishi Pajero, Mazda CX-5, Hyundai Santa Fe,” terang Akang dari dari Dharma Audio. 

Satu set mekanisme pintu bagasi elektrik ini terdiri dari sepasang motor elektrik. Motor elektrik ini menggantikan fungsi sokbreker pintu. 

Gerak motor elektrik tersebut dikomando lewat switch alias tombol. Ada dua tombol yang disediakan di kabin. Switch pertama dipasang di bagian dasbor.

“Switch satunya lagi dipasang di pintu bagian bawah,” kata Akang lagi.

Selain kedua switch tersebut, remote bawaan mobil juga bisa berfungsi mengaktifkan buka tutup mekanisme pintu belakang elektrik. “Syaratnya dipasangkan semacam modul pada sistem CAN bus bawaan,” jelas Akang lagi.

Menggunakan remote bawaan mobil, cukup tekan tombol unlock beberapa saat, maka pintu belakang pun akan membuka secara otomatis.

Oh iya, mekanisme pintu ini juga punya sensor yang akan menonaktifkan gerakan pintu saat ada sesuatu yang menghalanginya.

“Jadi ada fitur safety-nya, supaya enggak ada yang terjepit,” kekeh pria murah senyum ini. Sama seperti mekanisme pintu elektrik standar, peranti ini juga punya sensor yang akan mendeteksi jika ada penghalang yang menghambat proses menutup pintu.

Dan akan secara otomatis berhenti bergerak dan kembali ke posisi awal, andaikan ada penghalang. Untuk pemasangan mekanisme seperti ini relatif mudah, pengerjaannya hanya sekitar 3-4 jam saja.

Bicara harga, mekanisme buka-tutup pintu elektrik ini dijual sekitar Rp 8,5-9,5 juta tergantung mobil. 

“Setiap mobil punya spek motor yang berbeda, mungkin karena bobot pintunya juga beda-beda ya,” kata Avellino dari Banteng Mas.

Sedangkan garansinya, “Satu tahun ya,” tutup Akang. (Otomotifnet.com/Rendy)

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa