Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Komponen Cadangan dan Toolkit Yang Perlu Dibawa Saat Turing Bermotor, Jangan Ketinggalan Ya!

Kamis, 22 Juni 2017 | 22:59 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Trouble shooting jika ada masalah di jalan sudah dibahas, tapi akan jadi sia-sia jika tidak siap part cadangan dan kunci-kuncinya. 

“Toolkit standar bawaan motor sudah pasti perlu dibawa, sebagai tambahan biasanya yang berhubungan dengan fast moving parts,” ujar Acho "Bule" Patauri, ketua Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI) yang doyan turing.

Harus siap-siap ada yang dibawa nih! Siapkan check list-nya ya. Fariz/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Busi

Busi

Busi menurut buku servis punya rentang umur pemakaian 6.000 – 8.000 km, lewat dari kilometer tersebut memang busi tidak langsung mati. Tapi kondisinya sudah mulai menurun, karenanya bikers terkadang membiarkan selama busi tersebut masih berfungsi.

Nyatanya meski busi tersebut masih berfungsi namun daya kerjanya sudah melemah, “Busi kalau sudah lewat dari umurnya akan ada perubahan bentuk dari ekeltroda, akan mengalami aus sehingga gap atau celah busi jadi melebar,” beber Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

“Misal, awalnya 0,9 mm menjadi 1 mm. Selain membuat performa berkurang dan bensin boros. Busi yang sudah lewat masa penggantiannya juga bisa mati mendadak, kan bikin repot di jalan,” tutupnya.

Toolkit Yang Diperlukan

Jika busi mati di tengah perjalanan turing, tentu butuh beberapa toolkit untuk menggantinya. Pertama tentu saja kunci busi, biasanya dikombinasi dengan kunci 14 mm atau 17 mm untuk membuka busi.
 
Untuk motor tipe sport, bebek atau skutik perlu membuka beberapa bagian bodi. Untuk itu dibutuhkan juga obeng kembang dan pipih atau kunci L. Namun ada juga beberapa yang tidak perlu membuka bodi cukup dirogoh pakai tangan seperti Honda Vario 125 eSP.

No caption
No credit
No caption
Kunci busi
No caption
No credit
No caption
Cover kepala busi

Cover Kepala Busi

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa