Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Empat Langkah Rawat Rem Cakram Motor, Cek Ketebalan, Bersihkan, Kuras dan Lumasi

otomotifnet.com - Sabtu, 8 Juli 2017 | 04:26 WIB

Jakarta - Rem cakram memang jadi pilihan bikers tentunya karena lebih pakem dan durabilitasnya lebih baik. Tapi tetap saja, harus dirawat. Apa saja yang harus diperhatikan? Fariz/otomotifnet.com

1. Master  Rem

Yang biasa dikeluhkan para pengendara sepeda motor saat usia motor sudah cukup lama adalah feeling rem yang berubah. Saat ditekan tuasnya terasa ngebagel atau keras, ditambah tidak pakem yang pasti bikin jari cepat pegal.

“Biasanya dari stut di master rem yang sudah kotor dan kering. Bisa karena memang sudah kering atau karena karet pelindungnya robek sehingga kotoran masuk,” ucap Fajar Jaya Sukmana dari bengkel FJR.

“Supaya tekanan rem enak lagi stuk di master rem harus dibersihkan dan dilumasi kembali dengan gemuk,” ujar Begenk sapaannya.

2. Kaliper

Selesai bagian master rem jangan lupa kaliper juga perlu dibersihkan, posisinya yang berada di bawah dan dekat dengan roda membuatnya cepat kotor. “Untuk kaliper bisa mulai dari membersihkan piston kalipernya.

Sebaiknya sebelum menekan piston ke dalam bersihkan dulu piston kaliper bisa menggunakan sikat kawat. Ini untuk mencegah sil piston kaliper bocor karena terdorong kotoran,” lanjut Begenk.

“Yang sering terlewat, lumasi juga braket kaliper agar tidak kaku saat direm, karena efeknya bisa bikin kampas rem abis sebelah,” wantinya.

3. Kampas Rem

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa