Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Boleh Jadi, Ini Modifikasi Honda CR-Z Paling Gokil Se-Indonesia

Senin, 7 Agustus 2017 | 14:19 WIB

Jakarta - Boleh jadi, ini Honda CR-Z paling gokil se-Indonesia. Betapa tidak, nyaris semua bagian tak luput dari aksi modifikasi. Eksterior, interior, mesin hingga kaki-kaki. Adalah Tri Sutrisna, sang empunya yang menginginkan CR-Z-nya lebih dari sekadar besutan harian.

Awalnya hanya ingin memodifikasi sektor kaki-kaki, lantaran tampang CR-Z yang sudah terkesan sporty agresif, tak perlu banyak polesan sana-sini. “Mulainya dari hanya pasang air sus K-Sport serta penggantian pelek, namun merembet ke sektor lainnya,” kata Riefky, yang dipercaya membantu urusan modifikasi mobil ini. 

Setelah urusan kaki-kaki selesai, berlanjutlah pada sektor bodi. Tak hanya pasang body kit custom, warna kulit pun berubah, lingkar fender diobrak-abrik. Apa lagi modifikasinya? Simak deh cerita lengkapnya di bawah ini.  (Rendy/Otomotinetnet.com)

Kaki-kaki

Ini jadi langkah awal modifikasi total. Suspensi udara yang dipilih adalah K-Sport bolt on dengan sistem dari Accuair Management System ilevel. Accuair management system ini menurut Riefky, “Memudahkan penyetelan suspensi udara dengan hanya menggunakan gagdet,” katanya. 

Maksudnya, sistem ini punya auto leveling sistem dengan menggunakan sensor ketinggian (height sensor). “Selain untuk itu pergerakan naik turunnya juga cepat,” jelasnya mewakili Tri.

Karena merasa kurang ceper, Tri pun akhirnya melakukan coak sasis agar bodi CR-Z ini makin melata, alias makin nempel dengan aspal. Gokil.Selain suspensi, pelek standar juga dipensiunkan. Gantinya tak tanggung-tanggung, satu set pelek premium ADV.15 tersematkan.

ADV.15 yang desainnya jari-jari mengangkat unsur sporty dan juga elegan. Dipilih yang speknya termasuk sangar. Dengan diameter 19 inci, ADV.15 ini punya lebar 10 inci di bagian depan dan 12 inci di belakang. 

Spek pelek seperti ini dipastikan terlalu besar untuk masuk dalam ruang spakbor CR-Z. Ini yang kemudian membuat Tri melakukan usaha wide body di bagian fender, terutama fender belakang.
 
Bukan hanya wide body, CR-Z ini diperbesar lingkar fendernya sekitar 5 cm, usaha ini biasa disebut radius fender.   Lantaran pelek ini punya spek khusus untuk BMW M4, maka untuk memasangkannya dibutuhkan adaptor dari PCD CR-Z yang  5x114.3 ke 5x120 (PCD BMW).

Pelek gambot dengan suspensi udara seperti ini saja, masih sering dipakai Tri untuk perjalanan luar kota. Sangar ya!  

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa