Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Caranya Riding Aman dan Nyaman Pakai Motor Sport

Jumat, 21 Juli 2017 | 17:07 WIB

Sentul - Motor sport, baik naked maupun fairing, menawarkan feel berkendara yang jauh berbeda dengan jenis motor seperti bebek atau matik.

Dengan mesin powerfull ditunjang posisi riding yang cenderung racy membuat pengendaranya ingin selalu memutar throttle gas lebih dalam, terutama jika berjumpa jalan lurus dan mulus.

Eits, tapi jangan asal ngegas ya. Perlu diketahui juga teknik berkendaranya agar menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi rider maupun boncenger.

Contohnya seperti saat mengendarai motor sport andalan Suzuki semacam GSX-R150/S150.

"Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah posisi badan dan tangan. Sebaiknya rileks dan jangan terlalu kaku, supaya kondisi tubuh tidak cepat lelah," terang Dyan Dilato, instruktur Safety Riding dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), di sela-sela kegiatan Suzuki Safety Riding Training di Sirkuit Karting Sentul, Kamis (20/7).

( BACA JUGA : Naik Motor Enggak Asal Ngegas, Suzuki Gelar Latihan Safety Riding Pakai GSX-S150 )

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah posisi tangan ketika menekan tuas kopling dan rem depan.

"Usahakan dalam mengoperasikan tuas rem depan atau kopling dengan cara menekan ujung tuas supaya ringan," tambah Dyan sambil menyarankan menggunakan jari manis dan tengah saat mengerem.

Sementara untuk tuas kopling bisa ditekan menggunakan dua jari, telunjuk dan tengah, atau tiga jari, telunjuk, tengah, dan jari manis.

"Bergantung cara mana yang paling nyaman bagi si pengendara tersebut.

Nah, nggak cuma aspek teknik, ada hal lain yang ternyata juga perlu diperhatikan, yakni berupa kondisi psikologis

"Saat riding kita harus selalu positive thinking dan jangan banyak mengeluh. Selain itu, kita juga perlu belajar bertanggung jawab sebagai pengguna jalan raya. Dan yang paling penting mencoba bersikap rendah hati. Jangan mudah terprovokasi sesama pengguna motor," pungkas Dyan.(Otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa