Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cakram Depan Motor Balap Endurance Kanan-Kiri Beda Warna, Apa Fungsinya?

Dimas Pradopo - Minggu, 30 Juli 2017 | 14:36 WIB
No caption
No credit
No caption

Suzuka, Jepang - Mengintip motor yang ditunggangi Dimas Ekky Pratama dari Satu Hati Honda Team Asia di Suzuka 8 Hours Endurance Race, cakram depannya beda warna antara yang kiri dan kanan.

Pada Honda CBR1000RR SP2 yang dipakai oleh tiga pembalap sekaligus ini, cakram kanan warnanya biru sedang yang kiri merah.

Apa fungsinya?

Ternyata sangat penting ketika hendak melakukan pemasangan ban di pit stop. Perbedaan warna ini menjadi tanda agar ban tidak terbalik saat dipasang.

"Biar memudahkan, saat pemasangan jadi enggak terbalik," terang Prayogi Wicaksono alias Subur, salah satu mekanik sekaligus kru pit dari Indonesia.

Tentunya pemasangan ban disesuaikan dengan arah perputaran ban dan pelek. Makanya tidak boleh terbalik.

Pit Stop Satu Hati Honda Team Asia

Jadi saat memegang roda depan, sebagai patokan tangan kanan memegang sisi dengan cakram biru sedang yang tangan kiri memegang cakram warna merah.

"Pada balap ketahanan seperti ini ketelitian, ketepatan dan kecepatan di pit stop memang sangat diperlukan," beber Thomas Wijaya, Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM). (Otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa