Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Video Ini Menunjukkan Pentingnya Pakai Safety Belt di Jok Belakang

Rabu, 9 Agustus 2017 | 17:45 WIB
No caption
No credit
No caption

Amerika – Belum lama ini ada penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa beberapa orang tidak mau menggunakan safety belt saat duduk di jok belakang. Padahal fatal akibatnya. Video ini membuktikannya.

Menurut Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya (IIHS) yang berkedudukan di Virgina, Amerika Serikat, 4 dari 5 orang tidak mengenakan sabuk pengaman di kursi belakang.

Baik saat dalam perjalanan singkat atau saat bepergian dengan naik taksi.

"Bagi kebanyakan orang dewasa, masih aman untuk naik (duduk) di kursi belakang dari tempat duduk depan, tetapi tidak jika Anda tidak menggunakan safety belt," kata Jessica Jermakian, insinyur riset senior IIHS seperti dikutip carscoops.com.

"Ini juga berlaku untuk mengendarai taksi online atau kendaraan sewaan lainnya," sambung Jessica.

IIHS mensurvei orang dewasa berusia 18 dan lebih tua antara bulan Juni dan Agustus tahun lalu.

Menemukan bahwa dari 1.172 responden, hanya 72% yang menyatakan bahwa mereka juga menggunakan safety belt di kursi belakang.

Sementara yang menggunakannya saat duduk di depan, 91%.

Sesuatu yang kebanyakan tidak dipertimbangkan orang adalah tidak pakai safety belt, penumpang di kursi belakang benar-benar dapat melukai atau bahkan membunuh penumpang depan saat kecelakaan.

Si penumpang di kursi belakang yang tidak pakai sfaety belt, mendorongnya lebih jauh ke roda kemudi - seperti yang ditunjukkan dalam video ini lewat bantuan test dummies.

"Orang yang tidak menggunakan sabuk pengaman mungkin mengira kelalaian mereka tidak akan menyakiti orang lain. Bukan begitu," tambah Jermakian.

"Di jok belakang, sabuk pundak/bahu adalah alat utama untuk melindungi diri dari kecelakaan frontal,” terangnya.

“Tanpa itu, tubuh bisa menyentuh permukaan keras atau orang lain dengan kecepatan penuh dan menyebabkan luka serius," ungkapnya.

Nah, setelah lihat video ini, kalau naik taksi, mobil sewa atau jadi penumpang di kursi belakang, pakai sabuk pengaman juga yah. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa