Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Penampakan BMW Langka Di Bandung, Isetta 300

Rabu, 9 Agustus 2017 | 18:02 WIB

BANDUNG - Ada yang unik di gelaran World Stamp Exhibition 2017 di Bandung pekan lalu. Meski dari namanya jelas event memamerkan perangko dari berbagai belahan dunia, tetapi memajang BMW langka, Isetta 300. Spontan, kehadirannya menarik perhatian!

Lalu kenapa ada mobil langka ini di pameran perangko? Usut punya usut, mobil ini ternyata menjadi salah satu gambar perangko dari Jerman. Makanya dihadirkan di acara ini.

Bicara sejarahnya, mobil ini diproduksi oleh BMW mulai dari tahun 1955 hingga tahun 1962. Aslinya, mobil ini diproduksi pertama kali oleh pabrikan Italia yaitu Iso SpA pada tahun 1953.

Di awal kemunculannya, mobil ini juga sempat menghebohkan publik Italia, lho!

Pasalnya, mobil ini memiliki panjang hanya 2,29 meter dan lebarnya hanya 1,37 meter saja. Kapasitasnya sendiri hanya muat dua orang. Imut banget.

Yang paling unik adalah posisi pintunya. Ada di depan posisi pengemudi!

Enggak heran, saat pintu membuka, seluruh instrumen kemudi hingga spidometer akan terlipat mengikuti gerak pintunya.

Sekilas mobil ini terlihat seperti hanya memiliki tiga roda. Hanya saja posisi kedua roda belakangnya memang sedikit menjorok ke tengah.

Desainnya yang serba membulat membuat mobil ini punya julukan Bubble Car, sebab bikin pengendaranya seakan berada di dalam gelembung sabun.

Dengan ukuran seimut ini, tentu mesinnya enggak gede-gede amat. Hanya dibekali mesin 2-tak berkapasitas 298 cc bertransmisi empat kecepatan yang bisa menyemburkan tenaga 13dk dan punya torsi 18,4 Nm.

Dengan performa seperti itu, mobil imut ini bisa melaju hingga 85 km/jam. Cukup buat wara-wiri santai di dalam kota.

Kabarnya mobil unik ini hanya diproduksi sebanyak 161 ribu unit saja di seluruh dunia.

Kini nama Isetta digunakan sebagai nama meja bar yang tersedia di seluruh show room BMW di Indonesia. (Otomotifnet.com/Agun)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa