Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Ngilu, Ini Jadinya Kalau Patah Tulang Tak Segera Dirawat Fisioterapi

MAS - Jumat, 25 Agustus 2017 | 19:49 WIB

JAKARTA - Bagi para bikers yang mengalami  patah tulang akibat kecelakaan tentulah akan menjadi neraka dalam waktu lama untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Apalagi yang patah tersebut merupakan tulang yang sangat berperan penting di bagian tubuh seperti kaki, tangan dan sebagainya.

Menanggapi hal tersebut, Wisnu Dwi Santoso selaku Penanggung Jawab Modalitas Fisioterapi di Rumah Sakit Hermina Galaxy Bekasi, mengatakan tingkat keparahan akibat patah ada beragam, dari ringan hingga berat.

"Tulang patah akibat kecelakaan itu ada berbagai macam, ada yang terbuka dan ada yang tertutup, patahan yang tertutup tersebut biasanya sangat sulit terlihat. Namun, saat tulang itu terbuka pasti sangat jelas sekali terlihat dan biasanya ada bengkokan yang tidak biasa," ujar Wisnu saat ditemui di kantornya, Jumat (25/8).

Menurut Wisnu, untuk membantu mempercepat pemulihan patah tulang haruslah ditambah rehabilitasi fisik seperti fisioterapi untuk membantu mengoptimalkan fungsi gerak pada otot supaya tak alami kekakuan.

"Kalau kita menunda-nunda proses fisioterapi, tulang mudanya bakal segera mengeras sehingga akan susah nantinya buat dikembalikan ke posisi semula," katanya lagi.

Ia menambahkan, sebaiknya juga perbanyak makanan yang mengandung kalsium.

"Sebaiknya perbanyak minum susu ditambah youngurt atau memakan sayuran seperti sayur Brokoli, sayur bayam ditambah buah seperti pisang, apel. Karena untuk penumbuhan kembali normal butuh nutrisi yang sangat tinggi," tutupnya. (Otomotifnet.com)

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa