Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Melihat Sejarah Yamaha Byson di Indonesia, Sempat Jadi Primadona di Awal Kemunculannya

Luthfi Anshori - Rabu, 6 September 2017 | 22:02 WIB
No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Yamaha Byson kali pertama masuk Indonesia pada tahun 2010 silam. Saat itu Byson masih diproduksi oleh Yamaha Motor Company dengan nama FZ16, yang menandakan bahwa naked bike ini berasal dari keluarga FZ series.

Sebelum dijual di Indonesia, motor ini lebih dulu dipasarkan di India sejak tahun 2008.

Secara fisik, Yamaha Byson generasi awal memiliki tampilan gagah khas motor street fighter. Bentuk fascianya besar dan meruncing, dikombinasi suspensi depan teleskopik besar dengan diameter 41mm.

Aura gahar terus menyambung ke bagian tangki berkapasitas 12 liter yang dibungkus menggunakan cover plastik.

Tidak hanya sampai bagian tangki, kesan motor laki yang berotot berlanjut ke bagian knalpot yang tampak besar berkat aplikasi cover.

Detail lain, bentuk buritannya cukup pendek ala-ala motor street fighter. Lantas, dipadu penggunaan behel besi model pipa, dengan posisi yang menonjol keluar dari jok belakang.

Bertolak belakang dengan desain bodinya yang sangar dan mengintimidasi, dapur pacu Byson justru dibekali spek yang tidak istimewa.

Mesinnya berkonfigurasi 4 Langkah SOHC 2 Valve berpendingin udara 153cc, dengan bore x stroke 58,0mm x 57,9mm. Mesin ini mengeluarkan tenaga 13,6 dk/7.500rpm dan torsi 13,6 Nm/6.000rpm.

No caption
No credit
No caption
Yamaha Byson

Di awal kehadirannya, penantang New Honda Mega Pro FI terbilang sukses di Tanah Air. Terbukti, penjualan motor berharga Rp 21 jutaan ini mencatat angka positif di tiga tahun pertamanya.

Pada 2010, Byson sukses terdistribusi 23.265 unit. Lalu pada 2011 sebanyak 53.704 unit. Dan pada 2012, terdistribusi 119.725 unit.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa